SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Padang Panjang Optimis Raih Predikat KLA Nindya

 Plt Sekdako Martoni

Padang Panjang,fajarsumbar.com - Kota Layak Anak (KLA) merupakan kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah,masyarakat dan dunia usaha.

"Terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan,program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak,"ujar Plt Sekdako Martoni kepada fajarsumbar.com, Senin (25/3).

Upaya membangun KLA ini diharapkan bermuara pada penangkalan kekerasan terhadap anak secara nasional agar hak-hak anak bisa terpenuhi untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam mewujudkan dan peningkatan predikat KLA,Pemko Padang Panjang dengan berbagai inovasi,diantara menyediakan taman bermain anak dan membentuk forum anak daerah.

"Saat ini kita telah memiliki forum anak daerah, dimana mereka adalah anak-anak yang terpilih untuk menjadi pengurus forum anak, mereka mulai dilibatkan dari perencanaan yang merupakan penerus kita di masa depan,"ujarnya.

Ditambahkan Martoni, ada perbedaan penilaian dan pemberian KLA, jika tahun sebelumnya  satu kali dalam dua tahun sekarang dirubah menjadi satu kali dalam satu tahun yang dimulai prosesnya sejak Februari lalu.

Komitmen mewujudkan KLA merupakan menjadi kewajiban setiap daerah. Kewajiban itu mengacu kepada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (UU Pemda).

Dalam UU Pemda itu diamanatkan , mewujudkan KLA itu kewajiban setiap kabupaten kota. Kalau dilihat pasal 59 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Diakui Martoni,Kota Padang Panjang memang telah memperoleh predikat KLA pada tahun 2018 dengan predikat KLA Madya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan KLA,dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat perlu evaluasi dan kordinasi masing-masing OPD terkait.

"Tahun 2018 Padang Panjang meraih penghargaan tingkat madya,dan berharap tahun depan meraih predikat Nindya,diharapkan seluruh elemen masyarakat dan OPD terkait agar semuanya bias terwujud" harap Martoni.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *