SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Panwascam Padang Panjang Timur Bekali Pengawas TPS


Padang Panjang, fajarsumbar.com-Panwaslu Kecamatan Padang Panjang Timur melaksanakan Pelantikan dan Bimbingan Teknis Pengawas TPS se-Kecamatan Padang Timur, Senin (25/3) di Hotel Hasiba Padang Panjang.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Padang Panjang Timur (Panwascam) mengingatkan kepada seluruh Petugas Pengawas TPS agar mengedepankan netralitas dan integritas dalam tugas yang diembannya.

“Saya berharap yang pada hari ini sudah resmi dilantik bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan bisa menjaga integritas, " ujar Zulfikar.

Karena itu adalah modal utama dan marwah lembaga kita, setelah bapak dan ibu-ibu sudah disumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Demokrasi, tambah Zulfikar, diawali dari Pemilu dan harus menghasilkan pemimpin yang berintegritas. Pemilu yang berintegritas diselenggarakan dengan berintegritas.

Semua itu bisa tercipta ada pada rekan-rekan sebagai pengawas TPS yang langsung bersentuhan mengawasi tempat pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 nanti,” jelasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina menjelaskan, para Panwas TPS adalah orang-orang terpilih dari sekian banyak orang yang berminat menjadi Panwas TPS.

Dikatakan Santina, Panwas TPS adalah ujung tombak pengawasan di tempat pemungutan suara, pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Menjadi Panwas TPS adalah sebuah pengabdian kepada negara Republik Indonesia, untuk itu luangkan waktu dan tenaga untuk bekerja sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Untuk itu dalam menjalankan tugasnya diperlukan pemahaman secara teknis bagi Panwas TPS, maka diberikan bekal secara teknis pengawasan dilapangan.

Berdasarkan Undang-undang kata Santina, PTPS harus terbentuk 23 hari sebelum pelaksaan pemungutan suara dan 7 hari setelah pelaksanaan.

Dalam menjalankan tugas Pengawas TPS pertanggungjawabannya kepada Panwascam dalam fungsional kerjanya di bawah koordinasi Panwas Kelurahan.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *