SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pemkab Babel ke Sumbar Pelajari Pergub No. 30/2018, Begini Kata Kabiro Humas, Jasman


Padang, fajarsumbar.com - Lahirnya Peraturan Gubernur (Pergub) Sumbar Nomor 30 tahun 2018 tentang penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah di lingkungan pemerintah Provinsi Sumbar, menjadi rujukan dari provinsi lain. 

Rabu (27/3/2019) di ruang rapat istana Gubernuran, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam Biro Humas Sumbar menyambut kedatangan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) dengan tujuan saling berbagi informasi, terutama mempelajari tentang kerja sama media dengan regulasi yang tertuang didalam pergub tersebut.

Banyak hal yang ditanyakan oleh perwakilan Babel terkait aturan teknis pelaksanaan Pergub tersebut. 

Kepala Biro Humas yang langsung menyambut kedatangan rombongan langsung menjawab satu persatu pertanyaan dengan rinci, mulai dari penolakan dari beberapa media, hingga apresiasi dari Dewan Pers. 

"Tujuannya jelas, semua media yang bekerjasama dengan Pemprov Sumbar (Biro Humas), mesti memenuhi syarat-syarat pada Pergub tersebut" sebutnya Jasman.

Lahirnya Pergub ini dijelaskan Jasman, merupakan sebagai bentuk kehati-hatian Biro Humas dalam penggunaan anggaran yang bersumber dari masyarakat (APBD). Bila ada pemeriksaan, tentu bisa dipertanggungjawabkan.

"Kerjasama ini sifatnya tidak ada paksaan, yang jelas kami sudah bekerja sesuai jalur dan aturan" ungkapnya.

Menurutnya, Jika ingin, Pemprov Babel juga bisa menerapkan aturan seperti itu, dampak yang ditimbulkan tentunya  mempermudah kerja humas dan selain itu dampak pemberitaan bisa terukur, dan yang tak kalah pentingnya tidak bermasalah dengan hukum.

Sementara pimpinan rombongan Provinsi Bangka Belitung sekaligus Kepala Dinas Komunikasi Informasi Sudarman, menyampaikan banyak yang bisa diambil dari regulasi yang dilahirkan Pemprov Sumbar. 

"Kami tentu berkeinginan untuk bekerjasama dengan media-media sesuai aturan, Pemprov Sumbar sudah menjalankan itu. Hasil ini akan kami sampaikan kepada pimpinan kami disana, dan mudah-mudahan regulasi Ini menjadi rujukan" ujarnya.

Disampaikannya, rombongan dari Babel terdiri dari Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota serta unsur humas dan DPRD setempat. "Nanti biar kebijakan yang akan diambil nyambung, kita ajak juga dari legislatif" jelasnya.

Sebelumya, pada Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima anugerah tokoh perintis Pers yang tidak lepas dari keberhasilan Pemprov Sumbar dalam menerapkan Pergub tersebut. 

Selain itu, pada 2018 Pemerintah Provinsi Jambi dan Sumatera Utara juga datang ke Sumbar untuk melakukan hal yang sama.(fadli)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *