SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pemkab Pessel Targetkan Kunjungan Tiga Juta Wisatawan di 2019

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo

Pessel, Fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menargetkan kunjungan wisatawan sepanjang 2019 sebanyak tiga juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata Hadi Susilo menyampaikan target itu seiring visi daerah yang mencita-citakan negeri daerah itu sebagai destinasi utama wisata bahari di Sumatera Barat.

"Apalagi sejak Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh diresmikan Presiden Joko Widodo," ungkapnya pada wartawan di Painan, Rabu (12/3).

Dalam revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2016-2021, pemerintah daerah menargetkan angka kunjungan wisatawan lokal mencapai 2,8 juta orang.

Sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 185 ribu. Asumsi itu lebih tinggi dari target tahun lalu yang hanya 2,6 juta orang wisatawan lokal dan 180 ribu mancanegara.

Guna mewujudkan target itu, lanjutnya, pemerintah daerah telah melakukan berbagai langkah strategis diantaranya mengembangkan destinasi yang ada.

Salah satu upaya pengembangan itu adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pariwisata di negeri berjuluk 'Sejuta Pesona' itu.

"Tahun ini, kita siapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ditambah dengan Dana Alokasi Khusus (DAK)," jelasnya.

Melakukan pemasaran melalui berbagai upaya promosi sektor wisata unggulan.
Penetrasi pasar itu tak hanya dilakukan di lingkup regional semata.

Akan tetapi juga skala nasional. Bahkan internasional, utamanya ke Malaysia. Sebab, Negeri Jiran itu kini merupakan salah satu pintu masuk wisatawan Asia menuju Indonesia.

Memacu pengembangan industri penunjang sektor pariwisata, dengan melibatkan peran serta warga di sekitar destinasi.

Memfasilitasi pengelola tour travel, hotel, homestay dan pengelola atraksi pariwisata untuk membuat paket yang menarik bagi wisatawan.

Selain itu, tambahnya, meningkatkan kapasitas pelaku usaha jasa pariwisata.
Pemerintah sejak beberapa tahun telah melakukan pembinaan pada kelompok-kelompok sadar wisata.

"Karena kita tau, sektor pariwisata ini merupakan harapan baru bagi ekonomi daerah. Karena dia melibatkan banyak sektor ekonomi," tutupnya. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *