SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Perluas Layanan, PDAM Tirta Langkisau Terus Cari Sumber Air Baru


Pessel, Fajarsumbar.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya mencari sumber air baru.

Direktur PDAM, Gusdan Yuwelmi, mengungkapkan, penambahan sumber air baru itu untuk memperluas akses masyarakat terhadap air bersih.

"Karena baru 45 persen rumah tangga yang tersentuh layanan PDAM atau baru sekitar 23.800 rumah tangga," ungkapnya pada wartawan baru-baru ini di Painan.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, saat ini perseroan telah memasukkan proposal pada Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebab, pendanaan penyediaan kedua sumber air itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperkirakan lebih dari Rp30 miliar.

Selain sumber air, penetrasi layanan air bersih PDAM tahun ini juga diperkuat dengan rampungnya intec dan WTP Air Lundang Kecammatan Koto XI Tarusan dan Air Pura.

Keduanya merupakan hibah Hungaria senilai Rp10 miliar. "Tahun ini harus rampung. Proyeknya sudah berjalan sejak dua tahun. Bahkan bisa dikatakan sudah kadaluarsa," jelasnya.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) air itu juga melakukan sambung baru bagi 1.628 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dibiayai melalui APBN 2019 sebesar Rp6,3 miliar.

Sedangkan untuk kecamatan yang belum terlayani PDAM, ulas Gusdan, pihaknya bersama Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR kini tengah melakukan survei di dua kecamatan.

Kedua kecamatan itu antara lain Lunang dan Silaut. "Investasinya diperkirakan Rp50 miliar. Jika sudah selesai, berarti semua kecamatan telah teraliri PDAM. Kini tinggal dua itu saja," tutupnya. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *