SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Semen Padang Kirim Bantuan Logistik ke Solok Selatan

Tim TRC Semen Padang  mempersiapkan pengiriman bantuan logistik untuk korban gempa Solok Selatan, Jumat (1/3).

Padang, fajarsumbar.com - Setelah mengirim relawan Tim Reaksi Cepat (TRC), manajemen PT Semen Padang kembali mengirimkan bantuan berupa sembako ke lokasi bencana. 

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan bahwa sembako yang dikirim ke lokasi bencana gempa itu merupakan bagian dari program Semen Padang Peduli dan sembako itu terdiri dari beras sebanyak 200 kilogram, mie instan 20 dus, dan sarden 2 dus. 

Kemudian, juga ada bantuan lain berupa minyak goreng ukuran 1 liter sebanyak 20 pcs, air mineral sebanyak 20 dus dan biskuit 20 kaleng. Selain itu, juga dikirim terpal ukuran 8x12 meter sebanyak 20 buah. "Semua bantuan itu kmi kirim sore ini," kata Nur Anita Rahmawati, Jumat (1/3.

Anita menyebut bahwa sembako yang dikirim ke lokasi bencana itu merupakan hasil dari assesment relawan TRC yang dikirim ke lokasi gempa pada Kamis kemarin, dan ia mewakili manajemen PT Semen Padang, berharap agar bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban para korban gempabumi yang mengguncang Solsel.

"Bantuan paket sembako itu nantinya akan didistribusikan langsung kepada korban terdampak bencana oleh relawan TRC Semen Padang yang sejak Kamis kemarin sudah berada di lokasi gempa. Mudah-mudahan bantuan sembako ini dapat meringankan beban para korban," ujar Anita.

Terpisah, relawan TRC Semen Padang Daski Wandi mengatakan bahwa sejak sampai di lokasi bencana gempabumi pada Kamis sore, pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Solsel, termasuk BPBD Sumbar yang sudah berada di lokasi bencana. 

"Setelah berkoordinasi dengan BPBD, kami bersama rombongan kemudian menuju lokasi terdampak gempa di Jorong Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo. Setiba di sana, kami langsung memasang alat penerangan di posko pengungsian yang telah dipasangboleh BPBD," katanya, Jumat sore.

Selain memasang alat penerangan, Daski juga mengatakan bahwa TRC Semen Padang juga melakukan survei terkait kerusakan yang terjadi akibat gempabumi tersebut, dan juga berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Sangir Balai Janggo. Dari koordinasi itu, diketahui empat Nagari di Kecamatan Sangir terdampak.

Empat nagari itu adalah Nagari Sungai Kunyit, Nagari Sungai Kunyit Barat, Nagari Talunan Maju dan Nagari Talao. Paling parah, yaitu di Nagari Sungai Kunyit. Di sana, terang Daski, sebanyak 18 KK yang terdiri dari 88 jiwa terdampak, dan di Nagari Sungai Kunyit Barat, terdapat 17 KK yang terdari 74 jiwa yang terdampak. 

Kemudian di Nagari Talunan, terdapat 7 KK yang terdiri dari 30 jiwa, dan di Talao sebanyak 2 KK yang terdiri dari 8 jiwa. "Sebagian besar dari korban terdampak gempa di empat Nagari itu, saat ini mengungsi di posko pengungsian, karena rumah mereka rusak sesang hingga berat," terang Daski.

TRC Semen Padang, tambah Daski, di samping melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan Sangir Balai Janggo mengenani korban terdampak gempabumi, juga membersihkan sejumlah fasilitas umum yang rusak. Di antaranya, musala dan puskesmas," kata Daski memungkasi.

"Tadi pagi hingga sore, kami juga membersihkan musala dan puskesmas yang rusak. Besok, kami akan kembali membersihkan fasum lainnya yang ikut terdampak. Namun sebelumnya, tentu kami akan berkoordinasi dengan BPBD daerah setempat," kata Daski. (yos)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *