SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Sensus Penduduk 2020, BPS Solok Selatan Petakan Wilayah Kerja


Solsel, fajarsumbar.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Solok Selatan mulai melakukan persiapan  sensus penduduk tahun 2020. Sebanyak 76 petugas pemetaan wilayah kerja statistik, mulai dilatih.

Kepala BPS Solok Selatan, Abdul Razi, mengatakan, persiapan untuk sensus kali ini lebih panjang. "Sensus akan dilakukan dengan peralatan digital. Perdana dilakukan secara nasional," katanya, Rabu (27/3).

Petugas sensus akan terhubung secara online dengan BPS pusat (computer assisted personal interviewing). Perangkat yang digunakan, berupa smartphone atau hp pintar.

Di Solok Selatan sendiri, belum memungkinkan untuk diberlakukan secara menyeluruh. "Sepertinya, kita masih harus mengkombinasikannya dengan cara manual," tuturnya. Itu mengingat, sinyal internet belum menjangkau seluruh wilayah di kabupaten itu.

Tahun 2019, BPS Solok Selatan masih dalam tahapan persiapan. "Saat ini kita tengah melatih petugas untuk pemetaan wilayah statistik," katanya. 

Petugas pemetaan ini, akan menjadi pioner atau penunjuk jalan bagi petugas sensus dalam bekerja nanti.

"Sederhananya, petugas pemetaan ini tugasnya memandu petugas sensus supaya tidak ada penduduk yang terlewati atau tidak terdata," jelasnya.

Setiap nagari, ditempatkan dua sampai tiga orang petugas pemetaan wilayah statistik. "Bergantung luas wilayahnya,"'wilayah.

Dalam sensus nanti, dibutuhkan banyak tenaga sebagai perugas sensus. "Syarat utamanya, minimal tamatan SMA sederajat. Memiliki smartphone sendiri," sebutnya. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *