SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

SPNF-SKB Wilayah II Padang Latih 80 IRT Menyulam


Padang, fajarsumbar.com - Sebanyak 80 ibu rumah tangga (IRT) dilatih menyulam melalui program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) yang dilaksanakan Satuan Pendidikan Non Formal, Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF-SKB) Wilayah II Kota Padang, Jumat (15/3).

Kegiatan yang dilaksanakan 10 hari itu juga didukung dana pokir Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Surya Jufri Bitel itu dimaksudkan untuk memberikan keterampilan dan modal dasar agar terciptanya wirausaha baru. Pelatihan itu dilaksanakan SPNF-SKB Wilayah II Padang.

Pelatihan menyulam dalam rangka meningkatkan ekonomi rumah tangga itu dilangsungkan selama 10 hari dengan instruktur Yusfa serta pamong senior di SPNF-SKB Wilayah II tersebut. Para ibu rumah tangga itu dilatih teori dan praktek menyulam. Membuat selendang  koto gadang, jahitan sulam bayang dan kepalo peniti.


Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Surya Jufri Bitel saat membuka kegiatan tersebut menyebutkan, pelatihan menyulam itu sangat bagus untuk para ibu rumah tangga. Sebab bila memiliki skil menyulam tersebut bisa pula menambah ekonomi keluarga.

"Di tengah tingginya tingkat pengangguran, sementara lapangan pekerjaan semakin sempit, salah satu solusinya adalah menciptakan lapangan kerja. Caranya melatih diri agar memiliki skil, salah satunya belajar menyulam ini," tambahnya.

Ia berharap kepada instruktur bisa memberikan ilmunya semuanya, dan dilatih peserta selihat mungkin. "Saya berharap jika ada ilmu instruktur itu dua belas, maka kasih ke dua belas tersebut, agar warga saya ini bisa pula menyulam. Bila mereka sudah punya skil mumpuni, bisa pula mencari uang dari kepandaian ini," harapnya.

Jufri pun siap mendukung program kecakapan hidup tersebut dan ia pun siap pula mengucurkan dana (pokir) pokok pikirannya untuk membantu ibu rumah tangga tersebut. "Selagi saya masih duduk jadi anggota dewan saya siap membantu menyalurkan dana pokir untuk pelatihan ini," janjinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI), Kota Padang, Nuryahati menyebutkan, pelatihan tersebut untuk memberikan skill ibu rumah tangga, sehingga ke depan diharapkan dapat membuka lapangan kerja untuk menambah ekonomi keluarga.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Dewan, Surja Jufri Bitel yang juga telah membantu pelaksanaan pelatihan ini, semoga pelatihan ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru buat ibu rumah tangga khususnya di wilayah ini," tambahnya.


Sementara itu, Plh. Kepala SPNF-SKB Wilayah II Kota Padang, Nurhasnah menyebutkan, pelatihan itu untuk memberikan kontribusi positif kepada warga khusus perempuan dengan latar belakang ekonomi berbeda. Bila mereka memiliki skill menyulam, diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Inilah tujuan pemerintah bagaimana memberikan keterampilan kepada perempuan, bila mereka punya skill, memberi peluang baru membuka usaha sulaman untuk membantu perekonomain keluarga," harapnya. (ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *