Pengendalian Banjir Dibangun, Produktivitas Hasil Pertanian Bakal Meningkat

Iklan Semua Halaman


Olahraga

Pengendalian Banjir Dibangun, Produktivitas Hasil Pertanian Bakal Meningkat

Kamis, 06 Juni 2019
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Wakil Nasrul Abit

PADANG - Pembangunan pengendalian banjir di Batang Lembang, sangat dinanti-nanti masyarakat. Sebab jika hal itu terwujud berdampak pada ekonomi masyarakat, karena dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Walikota Solok Zul Alfian mengucapkan  terimakasih kepada pemerintah pusat karena ada kegiatan itu dan meminta kepada seluruh warga agar mendukung proyek itu, sehingga pelaksanaan pekerjaanya berjalan lancar. 

"Terimakasih dan kita berharap lanjutan kegiatan seperti, ini kita siap menunggu. Lahan Insya Allah di bantu ketua KAN Masyarakat kita sangat mendukung, kita berterimakasih pada seluruh masyarakat. Kita sangat menunggu sekali manfaatnya, kalau banjir tidak akan ada lagi luapan banjir yang menyengsarakan kita, karena ini terletak di tengah kota, kalau tidak segera dibenahi akan membuat wajah kota kita semakin tidak bagus," katanya.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V laksanakan groundbreaking pekerjaan pembangunan pengendalian banjir Batang Lembang, Provinsi Sumatera Barat di Tepi Sungai Batang Lembang. 


Ka Subdit Sungai Wilayah Barat, Asdin Julaidy mengungkapkan, saat ini sungai sudah tidak mampu lagi menampung debit banjir sehingga airnya meluap. Diharapkan dengan panjang 1 km ini menjadi titik awal, mudah – mudahan kami diberi ruang untuk maksimal melaksanakan kegiatan ini, sehingga teman teman balai bisa leluasa melaksanakan kegiatan, sehingga apa yang menjadi harapan kita bisa tercapai. Untuk pembangunan selanjutnya akan kita fikirkan, ini sudah ada usulan lagi mudah mudahan tidak ada masalah sosial. 

Balai Wilayah Sungai Sumatera V pada tahun 2016 telah melakukan Studi Komprehensif dan Detail Desain Pengendalian Banjir Kabupaten dan Kota Solok dan telah ditindaklajuti dengan pelaksanaan pembangunan fisiknya pada tahun Anggaran 2018 melalui kegiatan Pengendalian banjir Batang Lembang Kota Solok sepanjang 250 m di derah KTK, dengan Nilai Kontrak Rp. 3.855.500.000,00 (tiga miliar delapan ratus lima puluh lima juta lima ratus ribu rupiah).


Mengingat pentingnya pengendalian banjir, pada tahun anggaran 2019,  kami melakukan kegiatan lanjutan pengendalian banjir batang Lembang Kabupaten dan Kota Solok dengan nilai kontrak Rp.7.7 miliar lebih dengan lokasi pekerjaan yang dilaksanakan yakni kelurahan KTK, Nagari Selayo, dan Kelurahan VI Suku Kabupaten dan Kota Solok.

Pekerjaan dimulai ditandai dengan dioperasikannya excavator mini oleh Daswib Petra komisi 2 DPRD Kota Solok. Semoga pekerjaan yang akan dilaksanakan berjalan lancar, tepat mutu, tepat waktu dan tepat biaya sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan yang kita lakukan.(adv)