SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Bawaslu dan Polres Samakan SOP Penindakan Pelanggar Pemilu


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Bawaslu Padang Panjang bersama dengan Polres Padang Panjang dan Kejaksaan Negeri Padang Panjang, Kamis (4/4) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

"Ini merupakan suatu bentuk tindak lanjut nota kesepakatan bersama, antara tiga elemen penegak hukum tersebut, yakni Bawaslu, Polri, dan Kejagung, " kata Ketua Bawaslu Padang Santina  di Hall Horizon Aie Angek Cottage. 

Koordinasi ini, kata Santina untuk optimalisasi penanganan tindak pidana Pemilu, dalam Pileg (Pemilu Legislatif) dan Pilpres (Pemilu Presiden) 2019.

"Anggota Sentra Gakkumdu diharapkan dapat mewujudkan penegakan hukum yang terpadu, efektif, cepat, dan tidak memihak," ujar Santina ketika membuka Rakor.

Santina mengatakan, salah satu langkah strategis Bawaslu ini, merupakan amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Umum. 

Berdasarkan evaluasi, tambah Santina, penanganan pelanggaran Pemilu yang kerap terbentur seperti itu disebabkan karena tidak adanya persamaan persepsi dalam penerapan pasal-pasal dalam ketentuan pidana, yang diatur oleh UU Pemilu.

"Oleh karena itu, dalam Rakor ini diharapkan ada output berupa 'standard operating procedure' atau SOP yang jelas, dalam penanganan tindak pidana Pemilu," paparnya.

Santina berharap Rakor ini hendaknya dapat menghasilkan sebuah solusi atas permasalahan yang kerap dihadapi di lapangan, dalam penanganan tindak pidana Pemilu.

Dalam Rakor Sentra Gakkumdu yang berlangsung selama dua hari kedepan ini, turut dihadiri oleh para Anggota Bawaslu, jajaran Polres Padang Panjang serta jajaran Kejaksaan Negeri Padang Panjang.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *