SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Gabungan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang


Padang Panjang, fajarsumbar.com-Sekitar 250 personel jajaran Bawaslu Padang Panjang, mengikuti Apel Gabungan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Pemilu 2019, Jumat (12/4) di Halaman Kantor Balaikota Padang Panjang.

Apel ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina, dengan dihadiri oleh Wakil Walikota Asrul, Kadis Kominfo Marwilis, Anggota Bawaslu Jhoni Aulia dan Darusman Hendra, Kordinator Sekretariat Zulhairi.

Peneguhan komitmen untuk tugas pengawasan sangat penting bagi jajaran pengawasan pemilihan, apalagi tahapan Pemilu menuju hari H pemungutan tinggal menghitung hari yaitu tanggal 17 April 2019.

“Dengan kegiatan apel gabungan ini kami berharap jajaran Bawaslu Padang Panjang khususnya dan seluruh Indonesia dapat menentukan komitmen dalam mengawal dan mengawasi tahapan pemilu ini, " ujar Santina .

Diakui Santina, memasuki masa tenang  tentu banyak potensi pelanggaran, maka jajaran pengawas harus siap melaksanakan pengawasan di masa tenang sampai pada hari H pemungutan suara.

Hari H pemungutan suara merupakan puncak dari seluruh rangkaian tahapan pemilu, pada tahapan-tahapan sebelumnya jajaran pengawas pemilihan telah melaksanakan berbagai upaya pengawasan, pencegahan dan penindakan.

"Maka di sisa-sisa tahapan masa tenang dan hari H pemungutan dan penghitungan suara harus lebih baik untuk melakukan tugas-tugas pengawasan di tahapan ini," ujar Santina didampingi Jhoni Aulia dan Darusman Hendra.

Selanjutnya, Santina mengingatkan jajaranya untuk dapat menjaga integritas, netralitas dan independensi selama dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dilapangan.

“Tugas pengawasan pada hari H, Bawaslu berharap jajaran pengawas tetap menjaga integritasnya dan berkomitmen untuk mengawasi tahapan krusial dalam pemungutan dan penghitungan suara," harap Santina.

Sementara Kordinator Divisi SDM dan Hubungan Antar Lembaga Jhoni Aulia menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari program Bawaslu RI dalam rangka meneguhkan komitmen dari jajaran pengawas pemilihan di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pemilu.

Patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang adalah pencegahan pelanggaran pemilu serta melihat kesiapan pengawas pemilu, sekaligus sosialisasi pengawasan menjelang hari H.

Kegiatan patroli pengawasan anti politik uang pemilu 2019, kata Jhoni Aulia dilakukan serentak pada tanggal 14 - 16 April 2019, dan Apel gabungan digelar Jumat 12 April 2019.

Apel gabungan ini menindak lanjuti Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 0711/K.Bawaslu/PM.o1.oo/3/2019 perihal Kegiatan Patroli pengawasan Anti Politik Uang pada masa tenang pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/ Kota, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Disebutkan Jhoni Aulia, Bawaslu  Padang Panjang menggelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada hari Jumat tanggal 12 April 2019, ujar Jhoni Aulia didampingi Kordinator Sekretariat Zulhairi.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Asrul mengingatkan, Pemilu adalah pesta demokrasi yang merupakan perwujudan kedaulatan rakyat yang berlandaskan undang-undang.

Sebagai lembaga pengawas, tentu ini sebuah pekerjaan yang mulia bagi pengawas dalam rangka mewujudkan pemilu yang bermartabat, aman dan tanpa ada kecurang-kecurangan.

"Saya berharap pengawas melaksanakan fungsinya sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan, sehingga pemilu damai di kota Padang Panjang dapat terwujud, " ujar Asrul.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *