SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

DPRD Padang Sorot Pencapaian OPD Dalam Rekomendasi LKPJ AMJ Walikota

Padang, fajarsumbar.com - Anggota DPRD Kota Padang mengeluarkan cukup banyak rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) dan LKPJ tahun 2018. Salah satunya kurangnya evaluasi dari pencapaian-pencapaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra mengatakan, memang banyak catatan dan evaluasi yang diberikan DPRD Kota Padang untuk Walikota Padang yang akan melanjutkan memimpin Kota Padang lima tahun ke depan.

“Semua masukan yang kami berikan ini pastinya bertujuan untuk bagaimana bisa membuat Kota Padang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Namun begitu, dia mengaku kaget juga dengan banyaknya rekomendasi yang dikeluarkan itu. Ternyata apa yang dikeluarkan itu merupakan pandangan fraksi-fraksi yang seharusnya dirapatkan di tingkat pimpinan dulu.

“Saya juga keget kok banyak sekali. Harusnya prosedurnya setelah dibahas di pansus-pansus, dirapatkan di tingkat pimpunan. Tapi ini langsung pandangan fraksi. Jadi belum bisa kuta menyebutkan berapa banyak rekomendasi yang dikeluarkan DPRD terhadap LKPJ AMJ walikota. 

Yang anehnya, lanjut Wahyu, paripurna rekomendasi itu hanya dihadiri 13 orang anggota dewan. “Ini juga sudah pelanggaran yerhadap tatib,” katanya.

Dia mengatakan, terkait evaluasi pencapaian SKPD, katanya, memang harus dilakukan oleh Walikota Padang. Sebab, dengan evaluasi yang dilaksanakan Walikota Padang akan bisa memperbaiki kinerja dari SKPD.

“Contohnya itu SKPD yang diberikan target untuk PAD harus dievaluasi. Bagi SKPD yang tidak mencapai target harus segera di evaluasi,” katanya.

Bukan hanya itu, sambung Wahyu, Walikota Padang juga bisa memberikan hukuman bagi SKPD yang memang tidak mencapai target pendapatan atau pun pelaksanaan pekerjaan. “Sedangkan yang sudah mencapai atau melebihi target, bapak Mahyeldi bisa saja memberikan reward kepada SKPD itu,” ujarnya

Ia mengatakan, pada rapat paripurna LKPJ AMJ ini dirinya sedikit kecewa dengan banyaknya DPRD yang tidak hadir, sebab rapat paripurna LKPJ AMJ ini juga menjadi akhir masa jabatan DPRD Kota Padang.

“LKPJ AMJ ini seharusnya kita lengkap, berakhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota tentu juga menjadi akhir masa jabatan kita. Seharusnya semua anggota dewan hadir lengkap pada LKPJ AMJ ini,” katanya.

Walikota Padang, Mahyeldi mengatakan, apa masukan yang sudah disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Padang akan menjadi evaluasi untuk dirinya dalam memimpin dan membangun Kota Padang.

“Harapan kita tentu kedepannya bagaimana bisa lebih responsif dengan masalah-masalah yang terdapat di masyarakat dan cepat mencarikan solusinya sehingga ke depannya bisa lebih baik,” katanya. (*/ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *