SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Kapolres Padang Panjang: "Polri Harus Jaga Netralitas pada Pemilu"

Kapolres Padang Panjang Cepi Noval

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kapolres Padang Panjang Cepi Noval menyebutkan pada Pemilu 2019 nanti, Polri harus menjaga netralitasnya dan terlibat konflik peserta pemilu 2019.

Netralitas Polri merupakan harapan seluruh rakyat Indonesia sebagaimana amanat UUD 1945 dan Ketetapan MPR Nomor 7/MPR/2002.

Selain diatur oleh UUD 1945 dan TAP MPR, kata Cepi Noval, netralitas Polri dalam Pemilu juga diatur dalam Pasal 28 ayat 1, 2, dan 3 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. 

Pasal tersebut menegaskan beberapa hal, yakni Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

" Polri tidak menggunakan hak pilih dan dipilih dan anggota Polri dapat menduduki jabatan di luar kepolisian, setelah mengundurkan diri atau sudah pensiun dari dinas kepolisian," ujar Cepi Noval

"Jika ada anggota kepolisian yang terlibat dalam konflik kepentingan di Pemilu 2019, akan dikenai sanksi tegas," ujar Cepi Noval pada Rapat Kordinasi Sentra Gakkumdu Kota Padang Panjang, Kamis (4/4).

Rapat Kordinasi Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu Kota Padang Panjang di Hall Horizon Aie Angek Cottage, Kecamatan X Koto, Tanah Datar.

Dikatakan Cepi Noval, seperti arahan yang disampaikan Kapolri Jendral Tito Karnavian kepada jajaran Kepolisian RI, bahwa Polisi netral itu adalah harga mati. 

" Ada beberapa larangan dan sanksi yang ditegaskan Kapolri, mulai dari teguran, demosi, bahkan bisa dilakukan pemecatan ," ujar Cepi Noval.

Menurut Cepi Noval, Kapolri Tito juga tidak akan segan-segan memberikan sanksi berat kepada anggota Polri yang masih saja tidak netral dalam kontestasi politik, meski sudah diperintahkan.

Polri juga sudah pernah membuka hotline nomor telepon yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan bila menemukan ada oknum anggota Polri yang tidak netral.

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *