SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Kementerian PU-Pera Kucurkan Rp500 Miliar untuk Infrastruktur di Pessel Tahun Ini


Menteri Basuki Hadimuljono didampingi Bupati Hendrajoni di Painan, Senin (15/4).

Pessel, fajarsumbar - Kementerian PU-Pera mengucurkan Rp500 miliar APBN 2019 untuk infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan.

Menteri Basuki Hadimuljono, mengungkapkan alokasi dana itu dibagi dalam beberapa kegiatan seperti bidang bina marga Rp280 miliar.

"Sekitar Rp17 miliar untuk peningkatan dan rehab jalab Tapan-batas Jambi," ungkapnya di Painan usai Paripurna DPRD memeringati hari jadi Pesisir Selatan ke-71 di Painan, Senin (15/4). 

Acara dihadiri Bupati Hendrajoni dan Wakil Bupati Rusma Yul Anwar. Sekda Erizon, Sekda Kabupaten Sijunjung, Jefnihan. Direktur Jenderal Perumahan Rakyat, Kalawi.

Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pesisir Selatan, sejumlah bupati dan walikota di Sumatera Barat. Kepala perangkat dinas, camat serta walinagari di 15 kecamatan.

Pada kesempatan itu, pemerintah daerah memberikan gelar kehormatan pada Menteri Hadimuljono sebagai Putera Utama Pesisir Selatan.

Pemberian itu seiring dengan perhatian pemerintah pusat soal ke PU-an. Sejak 2017, sedikitnya Rp1.7 triliun APBN telah dikucurkan ke kabupaten itu.

Selain batas Tapan-Jambi, lanjutnya, tahun ini dilakukan peningkatan kualitas jalan Tapan-batas Bengkulu senilai Rp263 miliar.

"Kegiatan tersebut bakal dikerjakan melalui program Western Indonesia National Roads Improvement Project ( Winrip)," jelasnya.

Perbaikan ruas jalan Padang-Painan-Kambang. Untuk proyek tersebut, pemerintah pusat mengalokasikan dana hingga Rp27 miliar.

Selain bina marga, ulasnya,juga kegiatan bidang cipta karya Rp30 miliar. Perumahan rakyat sebanyak Rp35 miliar untuk 1.200 rumah tidak layak huni dan rumah nelayan.

Program sumber daya air diantaranya proyek pencegahan abrasi Pantai Muara  Kansis Kecamatan Linggo Sari Baganti sebesar Rp7.9 miliar. 

Irigasi Sawah Laweh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Rp17 miliar. Pembangunan Embung Tanah Kareh yang mencapai R2.3 miliar.

Pembangunan Pengaman pantai Ampiang Parak Rp3.8 miliar. Irigasi Malepang Kecamatan Basa IV Balai Tapan Rp27 miliar.

"Kemudian juga pemeliharaan berkala breakwall Pantai Kambang Rp2 miliar. Tentu akan terus berlanjut," tutupnya. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *