SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

KPU Pd. Panjang Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara pemilu serentak 2019.

Simulasi diikuti oleh seluruh Komisioner KPU, Staf dan jajaran KPU Padang Panjang, PPK dan PPS yang berjumlah sekitar  300 orang itu digelar di Hotel Aulia , Silaing Bawah, Padang Panjang, Sabtu (13/4).

"Hari ini kita melakukan simulasi, mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS," kata Ketua KPU Okta Novisyah Sabtu (13/4) dilokasi simulasi.

Aula Hotel Aulia diibaratkan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), simulasi dimulai pukul 10.00 WIB. Namun, diibaratkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka pukul 07.00 WIB sesuai dengan aturan yang berlaku.

TPS dilengkapi dengan lima kotak suara dan empat bilik pencoblosan. Di depan TPS, terlihat tertempel Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah  300 nama.

Terlihat 7 ( tujuh ) orang jajaran KPU yang bertindak sebagai Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Ada pula staf yang berperan sebagai saksi.

Sementara itu, terlihat Ketua KPU Okta Novisyah, Mondra, Edwirta Harry Azary dan Winda Afrizona (Komisioner KPU ) dan  Sekretaris KPU Edityawarman duduk di kursi antrean pemilih yang disediakan di dalam TPS.

Sebelum pemungutan suara dimulai, petugas KPPS dan saksi menggelar rapat pembukaan TPS. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih terbungkus tersegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.

Disisi lain nampak 5 kotak suara, satu kotak suara mewakili satu tingkatan pemilihan, yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Jumlah surat suara mengacu pada jumlah DPT ditambah dua persen surat suara cadangan. Ada 300 DPT ditambah enam surat suara cadangan, sehingga total ada 306 surat suara di setiap tingkatan pemilihan.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *