SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Kuranji, Padang Siap Sukseskan Pemilu, Lurah dan Petugas Puskesmas Keliling 'Halo-halokan' Mengajak Warga Datang ke TPS

Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri memimpin apel gabungan di halaman 
kantor camat untuk persiapan pemilu, Senin (15/4).

Padang, fajarsumbar.com Pemilu tinggal hitungan jari, sejumlah daerah berupaya menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan partisipasi pemilih tinggi. Berbagai upaya pun dikerahkan, seperti pemerintah Kecamatan Kuranji ini. 

Seluruh lurah se-Kecamatan Kuranji memberikan selebaran kepada pengurus masjid dan mushalla melalui pengurus untuk mengimbau warga supaya datang ke TPS pada 17 April, menjelang shalat lima waktu.

"Gunakan hak suara dan pilihlah menurut hati nurani, sebab satu suara akan mementukan nasib bangsa untuk lima tahun ke depan," ujar Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri pada apel gabungan pengamanan pemilu di halaman kantor camat setempat, Senin (15/4).


Peserta apel gabungan serius dengar pemaparan camat Kuranji

Pada apel gabungan yang dihadiri Linmas, jajaran kepolisian, TNI, Linmas, seluruh lurah dan aparat terkait lainnya, camat menyebutkan, Kecamatan Kuranji siap menyukseskan pemilu yang tinggal dua hari lagi dengan menargetkan partisipasi pemilih meningkat dari sebelumnya.

Camat mengintruksikan seluruh lurah dan perangkatnya berkeliling di komplek, dan rumah warga menggunakan becak motor (betor) mengimbau warga agar menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi yang dilaksanakan sekali lima tahun tersebut, pada Rabu paginya.

Begitu juga tiga puskesmas di Kuranji petugasnya juga melakukan hal yang sama, dengan menggunakan pengeras suara dengan sebuah mobil akan menghalo-halokan untuk mengingatkan warga agar menyalurkan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan.

"Kecamatan Kuranji siap menyukseskan pemilu 2019 ini, dengan mengerahkan seluruh aparatur terkait dengan didukung oleh aparat keamanan dari kepolisian dan TNI. Selain sukses dengan tingginya partisipasi masyarakat juga menjaga keamanan selama pemilu berlangsung," janji camat perempuan tersebut.

Menurutnya, di Kuranji terdapat 380 TPS dengan daftar pemilih tetap (DPT) 94.626 orang. Selama pesta demokrasi tersebut dibantu 760 limnas, mereka akan mengawasi dua orang di setiap satu TPS.

Demi memotivasi penyelenggara pemilu di setiap TPS, Kecamatan Kuranji juga menilai TPS terbaik. Bagi penyelenggara terbaik akan diberikan hadiah berupa uang. Untuk terbaik I mendapatkan hadiah Rp3 juta, terbaik II memperoleh Rp2 juta dan terbaik III dihadiahi Rp1 juta. "Kategori yang dinilai, presentase kehadiran pemilih dan semaraknya TPS," ujarnya.

Cheking terakhir
Menurut Rachmadeny, Kuranji telah melakukan cheking terakhir persiapan pelaksanaan pemilu pada Jumat (12/4). Pada rapat cheking terakhir itu dihadiri Danramil dan Babinsa, Kapolsek dan Babinkamtibmas, Ketua PPK & PPS, panwascam & PPL, KUA, pimpinan puskesmas dan para lurah se Kecamatan Kuranji.


Rapat cheking terakhir persiapan pelaksanaan pemilu, yang dipimpin Camat Rachmadeny Dewi Putri, Jumat (12/4) 

Pada rapat itu disepakati, masjid dan mushala menginformasikan pada  warga saat Shalat Magrib, Isa dan Subuh untuk datang ke TPS dan bagi yang belum dapat C 6 agar menghubungi RT atau RW.

Petugas puskesmas menggunakan mobil berkeliling di wilayah kerjanya dengan sound system mensosialisasikan kepada warga agar pada 17 April itu untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

Pada 17 April itu  seluruh lurah menugaskan kasi kelurahan dengan berkeliling dengan betor di wilayahnya untuk mengimbau warga datang ke TPS dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00.

Logistik Pemilu untuk Kecamatan Kuranji diantar KPU pada Selasa ke kelurahan dan akan dijemput petugas KPPS dan dikawal linmas, panwas dan polisi serta TNI.

Semua tahapan akan dikawal Polisi sebagaimana disampaikan Kapolsek, satu polisi bertanggung jawab untuk 4 TPS. Danramil beserta anggota siap bersama dengan polri melakukan pengamanan pesta demokrasi tersebut.

Kotak suara setelah dilakukan penghitungan di TPS dikumpulkan di kelurahan selanjutnya itu diantar ke kecamatan (Kantor KAN Pauh 9 di Jalan By Pass). Untuk pengamanan di Kantor KAN selain oleh Polisi/TNI juga dengan inisiatif camat juga dipasang CCTV.(ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *