SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

MA KMM Kauman Padang Panjang Dijuluki Sekolah Literasi


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Kegiatan literasi kembali dihadirkan oleh MA KMM Kauman, Selasa (16/4) dimana Sekolah ini juga terkenal dengan sebutan "Madrasah Literasi".

Madrasah ini selalu aktif membiasakan siswa-siswinya untuk membaca Al-Quran serta menulis, dan kegiatan ini merupakan prioritas utama dari MA KMM Kauman.

Tidak hanya anak-anaknya, guru-gurunya pun, bahkan Kepala Sekolahnya Derliana, MA juga menghadirkan sebuah karya berbentuk buku yang berjudul Education Spirit Of Finlandia.

Kauman ini juga memiliki sebuah majalah berjudul "Cerdas" dimana majalah ini merupakan sebuah wadah kreativitas yang dipakai untuk menyalurkan bakat semua Siswa dan Guru MA KMM Kauman.

"Siswa-siswa disini memiliki program untuk menulis, jadi setiap anak ataupun guru memiliki karya tersendiri di Kauman ini", kata Derliana.

Tampak disudut sekolah tersebut sebuah taman baca Buya Hamka, yang dikonsep dengan baik dan dipadukan dengan Adiwiyata sekolah.
Tidak hanya itu MA KMM Kauman juga punya 'Hamka Corner' sebuah pojok baca yang mengumpulkan karya-karya Buya Hamka, dan akan terus dilengkapi. 

Sekolah ini juga membentuk Tim Kajian Buya Hamka dalam rangka menelusuri jejak ulama kharismatik itu, baik ketokoan dan karyanya sehingga Hamka Corner akan menjadi destinasi edukasi literasi yang asyik dikunjungi.

Untuk menguatkan gerakan literasi sekolah di MA KMM Kauman Padang Panjang, selain memiliki sebuah perpustakaan sekolah yang bagus, MA KMM Kauman juga mendirikan Kafe Baca.

"Iya benar kami juga membuat sebuah warung yang diintegrasikan dengan sebuah perpustakaan mini, disini selain berbelanja siswa juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku," tambahnya.

Selain itu, Derliana juga mengatakan tidak lama lagi, MA KMM juga akan meluncurkan 30 buku karya dari warga MA KMM (Guru dan Siswa MA KMM).(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *