SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Naik ke Liga 1, Semen Padang FC Siapkan Tim Pelapis U-16, U-18 dan U-20

Direktur Akademi Semen Padang FC, Weliansyah memberikan arahan
pada peserta seleksi.

Padang, fajarsumbar.com - Sebagai konsekuensi kembali ke Liga 1, Semen Padang FC harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan PSSI sebagai salah satu kontestan kompetisi Liga 1 2019. Salah satu yang wajib disiapkan adalah tim muda mulai dari U-16, 18 dan U-20.

Untuk membentuk tim pelapis tersebut, manajemen PT Kabau Sirah Semen Padang, menunjuk Asisten Pelatih Semen Padang FC, Weliansyah selaku Direktur Akademi Semen Padang dan bertanggung jawab atas pembentukan tiga tim pelapis Kabau Sirah.

Langkah awal yang dilakukan pelatih yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan A AFC itu, menetapkan pelatih yang akan menangani di masing-masing tingkatan usia. Dan peluang itu diberikan kepada para mantan pemain Semen Padang yang sudah mengantongi lisensi AFC, baik level A, B maupun C.

Seperti dijelaskan Weli, untuk U-16, mantan libero Semen Padang era 90-an, Hendra Susila, bakal memegang tampuk pelatih kepala. Sementara untuk U-18, juga akan dipegang mantan pemain Kabau Sirah. Namun Weli belum menyebutkan nama, karena masih dalam batas komunikasi dengan yang bersangkutan.

Sedang untuk U-20, selain dicover langsung oleh Weli selaku Direktur Akademi, bakal dipercayakan kepada mantan Asisten Pelatih Semen Padang FC, Delviadri. Mantan striker Semen Padang ini sudah mengantongi lisensi B AFC. Konon Delvi bakal disandingkan dengan mantan kapten tim Semen Padang, Hengky Ardiles, yang baru saja pensiun jadi pemain. Bek sayap asal Malalo Tanah Datar itu, sudah mengantongi lisensi C AFC.

Tetapi, dari nama-nama yang direkomendasi Weliansyah kepada manajemen Kabau Sirah, masih dalam proses karena yang bersangkutan sebagian sudah memegang posisi Staf di PT Semen Padang. Dan memerlukan izin khusus untuk memegang tim.

"Sementara ini memang kita sudah merekomendasikan kepada manajemen siapa yang akan memegang tim muda Semen Padang. Tetapi masih menunggu izin yang bersangkutan. Begitu izin keluar, mereka langsung bekerja," jelas Weli.

Meski demikian, seleksi tahap awal sudah dilakukan, terutama untuk U-16 dan 18. Untuk langkah awal sejumlah pemain muda asal Padang sudah menjalani seleksi Sabtu dan Minggu (6-7/4) di lapangan komplek PT Semen Padang.

Sebanyak 23 pemain sudah terjaring, namun mereka akan terus menjalani seleksi berjalan bersama pemain asal Sumbar lainnya, serta pemain yang luar Sumbar yang ingin mengikuti seleksi bersama Semen Padang.

Khusus untuk U-20, Weliansyah dan Delviadri serta Hengky Ardiles, akan memulai seleksi awal pada Sabtu dan Minggu (13-14/4) di lapangan yang sama.

Selain pemain asal Kota Padang, juga akan hadir sejumlah pemain dari 18 Kota dan Kabupaten lainnya di Sumatera Barat untuk mencoba keberuntungan mereka pada klub kebanggaan warga Sumbar tersebut.

"Kita sudah kirimkan informasi dan undangan seleksi kepada semua potensi yang ada di Sumbar melalui PSSI setempat. Dan diperkirakan puluhan pemain akan hadir," sebut Asisten Syafrianto Rusli tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan membuka peluang bagi pemain mana saja untuk ikut seleksi. Karena selain pembinaan untuk para pemain lokal, Semen Padang juga ingin merangkul semua potensi yang ada di Indonesia. Dengan harapan ke depan mereka yang bergabung di tim muda kelak akan menjadi pemain yang siap bersaing, baik di Liga 2 maupun Liga 1. (RRa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *