SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Padang Pariaman Sosialisasikan Pengarusutamaan Gender, Segini Pesertanya

Kepala DSP3A Hendra Aswara bersama Wali Nagari se-Padang Pariaman pada acara Sosialisasi
PUG di Aula IKK, Parit Malintang

Parik Malintang, fajarsumbar.comPemerintah Kabupaten Padang Pariaman tengah gencar dalam membangun kesadaran Gender di kalangan aparat pemerintahan, maupun swasta, perguruan tinggi dan dunia usaha. Salah satunya yaitu dengan tidak bosan-bosannya menyelenggarakan sosialisasi tentang pengarusutamaan dender (PUG) dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari.

Kesetaraan gender yang sudah tertuang dalam Visi dan Misi Pemerintah Daerah.  Pembangunan daerah yang berwawasan gender ditegaskan dalam Peraturan Bupati Padang Pariaman No. 40 Tahun 2015 tentang Pedoman pelaksanaan gender di Kabupaten Padang Pariaman. 

Bahkan dalam managemen pemerintahan, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki dalam berkarier baik dalam jabatan struktural maupun fungsional.

"Sosialisasi PUG bagi Wali Nagari ini untuk persamaan persepsi dan membuka wawasan kita semua untuk lebih memahami arti dan pentingnya Pengarusutamaan Gender  (PUG) melalui Perencanaan Penganggaran yang Resvonsif Gender (PPRG)" kata Sekda Padang Pariaman Jonpriadi saat membuka acara Sosialisasi PUG bagi Wali Nagari Aula IKK, Parit Malintang, Senin (15/4)

Kegiatan ini bertujuan, kata Jonpriadi, agar percepatan pembangunan dan pelaksanaan PUG ini di Kabupaten Padang Pariama segera tercapai. Kedepannya semua lapisan masyarakat mulai dari janin dalam kandungan, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, lansia dan kaum disabilitas baik laki-laki maupun perempuan dapat menikmati hasil dari seluruh pembangunan baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, agama, insfrastruktur dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Hendra Aswara menyebutkan, Pengarusutamaan Gender (PUG) sebagai sebuah strategi telah tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 yang mengamanatkan kepada seluruh Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur dan Bupati/Walikota untuk mengintegrasikan PUG pada setiap tahapan proses Pembangunan.

"Padang Pariaman tengah gencar percepatan dalam percepatan PUG. Buktinya kita sudah ada komitmen dari seluruh stakehorders dalam penyusunan anggaran mendukung PUG" kata Kadis yang berprestasi itu.

Sosialisaisi PUG teruntuk Wali Nagari tersebut dihadiri 103 Nagari bersama Perangkatnya. Adapun narasumber dari Akademisi Universitas Andalas (Unand) Padang DR.Jendrius dan Kabid Sosbud Bappeda Sumbar Ahmad Zakri. (r/saco).

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *