SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Panwaskel Padang Panjang Timur Dibekali Melalui Bimtek


Padang Panjang, fajarsumbar.com - "Pengawasan kegiatan mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai proses penyelenggaraan pemilihan sesuai peraturan perundang-undangan,"ujar Jhoni Aulia, pada Bimbingan Tekhnis bagi Panwaskel se Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu (3/4) di Hotel Hasiba Padang Panjang.

Pencegahan tindakan,langkah-langkah, upaya mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran yang mengganggu integritas proses dan hasil pemilu.

Penindakan serangkaian proses Penanganan pelanggaran yang meliputi temuan,penerimaan laporan,pengumpulan alat bukti,klarifikasi,pengkajian, dan/atau pemberian rekomendasi,serta penerusan hasil kajian atas temuan/laporan kepada instansi yang berwenang untuk ditindaklanjuti.

Pengawasan partisipatif merupakan pengawasan pemilu atau pemilihan yang dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mengawal integritas pelaksanaan pemilihan.

Bawaslu sebagai lembaga yang dibentuk untuk mengawasi pemilu berkewajiban untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilu (pengawasan partisipatif).

Strategi Pengawasan Partisipatif Membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengawasan partisipatif.

Membangun komitment mitra strategis (PT, Ormas, Tomas) tentang dukungan terhadap Gerakan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilihan.

Konsolidasi dan penguatan kapasitas mitra strategis dalam Pengawasan Partisipatif.Membangun jejaring dan support sistem pengawasan partisipatif.

“Pemetaan TPS rawan ini bisa digunakan sebagai pijakan untuk menyusun upaya pencegahannya.Sehingga, setiap indikasi adanya kecurangan bisa dideteksi,” kata Jhoni Aulia.

Lebih lanjut Jhoni Aulia menjelaskan, pemetaan terhadap TPS rawan di daerah pemilihan di Padang Panjang dimanfaatkan bagi jajaran Bawaslu Padang Panjang. 

"Sehingga dapat memantau lebih awal dugaan pelanggaran, dan upaya mengawal proses demokrasi yang jujur dan bersih serta transparan bisa terwujud," ujar Jhoni Aulia.

Disamping itu, Jhoni Aulia juga menggambarkan bagaimana pengawasan yang akan dilakukan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS  pada hari H nantinya.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *