Prabowo Jamin Taat Konstitusi, Minta Kawal Rekapitulasi

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Prabowo Jamin Taat Konstitusi, Minta Kawal Rekapitulasi

Sabtu, 20 April 2019
Capres Prabowo Subianto bersama pendukung. (dtct)

Jakarta, fajarsumbar.com - Capres Prabowo Subianto menekankan kepada para pendukung untuk terus mengawal rekapitulasi suara Pemilu 2019. Prabowo ingin pendukung memastikan tak ada angka yang berubah.

"Kawal kemenangan tetap bersama kita. Saya meminta saudara minta menjaga C1, C1 plano yang ada di kotak suara seluruh kecamatan atau PPK harus dijaga karena ada usaha untuk menghilangkan kotak suara. Awasi petugas yang rekapitulasi data, pastikan tidak ada angka diubah," ujar Prabowo dalam syukuran klaim kemenangan di depan kediamannya di Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2019). 

Dikutip dari detik.com, Prabowo mengimbau para pendukung untuk menjaga perdamaian. Dia tak ingin ada kekerasan. Ketum Partai Gerindra ini meminta para pendukung tak terprovokasi.

"Saya minta pendukung Prabowo-Sandi yang cinta Tanah Air, cinta UUD, dan warga negara yang utamakan perdamaian kedamaian. Jangan kita terprovokasi, mereka ingin menggambarkan mereka yang aneh-aneh. Kita tidak ada niat aneh, kita ingin tegakkan keadilan dan kebenaran kita ingin kejujuran," ucap Prabowo.

Eks Danjen Kopassus ini mengaku tak percaya dengan hitung cepat (quick count) yang dikeluarkan lembaga-lembaga survei. Prabowo menyebut lembaga survei sudah mengeluarkan informasi bohong.

"Percaya nggak lembaga survei abal-abal? Hai tukang bohong, tukang bohong, rakyat tidak percaya sama kalian. Mungkin kalian harus pindah ke negara lain. Mungkin kau bisa pindah ke Antartika, kalian tukang bohong, kau bisa bohongi penguin di Antartika," ucap dia.

Prabowo menyatakan akan melayangkan protes jika ada penyimpangan Pemilu 2019. Dia menjamin tetap sesuai dengan konstitusi.

"Manakala ada penyimpangan keadilan, kejujuran, keadilan, dan manakala ada upaya terang-terang, untuk merobek-robek hak rakyat, kami tidak akan terima. Tapi kami selalu akan melakukan hal sesuai konstitusi," ucapnya.

"Berkumpul dijamin oleh konstitusi, menyatakan pendapat dijamin oleh konstitusi, berjalan di jalan raya dijamin oleh konstitusi kita," imbuhnya.

Dalam kegiatan berjalan di jalan raya itu, Prabowo juga meminta pendukungnya tidak menggunakan kekerasan. Dia meminta para pendukung untuk menjaga kebersihan.

"Kalau saya yang pimpin, saya minta Saudara ikut. Kita tidak menggunakan kekerasan apa pun, kalaupun nanti jutaan nanti turun, tertib, aman, damai. Kita tidak akan tinggalkan satu plastik sampah pun," ujar Prabowo. (*)