SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Lanjutan Kasus Hoax Hari Ini

Ratna Sarumpaet

Jakarta, fajarsumbar.com - Ratna Sarumpaet bakal menjalani sidang lanjutan kasus dugaan membuat keonaran lewat penyebaran kabar bohong alias hoax penganiayaan hari ini. Ada empat orang yang bakal menjadi saksi, siapa saja?

"4 orang, di antaranya yang kirim foto, yang ikut demo dan mungkin ajudan Prabowo," kata Kajari Jaksel, Supardi, saat dihubungi detikcom, Senin (8/4/2019) malam.

Namun, belum disebutkan secara detail identitas para saksi yang bakal dihadirkan. Persidangan bakal digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

"Seperti biasa sidang rencananya akan dimulai pukul 9.00 WIB pagi," kata pengacara Ratna, Desmihardi saat dihubungi terpisah.

"Belum ada yang pasti, infonya Pak Said Iqbal, Deden dan 2 orang dari Lentera Muda Nusantara," sambung Desmihardi saat ditanya soal informasi saksi yang bakal hadir.

Ratna sendiri didakwa membuat keonaran dengan menyebarkan kabar hoax penganiayaan. Ratna disebut sengaja membuat kegaduhan lewat cerita dan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak yang disebut penganiayaan.

"(Terdakwa) Menceritakan mengenai penganiayaan dan mengirimkan foto dalam keadaan bengkak merupakan rangkaian kebohongan terdakwa untuk mendapat perhatian dari masyarakat, termasuk tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno," ujar jaksa penuntut umum membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Jaksel), Jalan Ampera Raya, Kamis (28/2) seperti dikutip detik.com.

Jaksa menguraikan rangkaian kebohongan yang dilakukan Ratna lewat pesan WhatsApp, termasuk menyebarkan foto-foto wajah yang lebam dan bengkak. Puncak dari kebohongan Ratna, Prabowo Subianto disebut jaksa menggelar jumpa pers pada 2 Oktober 2018.

Akibat rangkaian kebohongan Ratna Sarumpaet, menurut jaksa, masyarakat menjadi gaduh. Muncul juga sejumlah unjuk rasa karena kasus hoax Ratna. Ratna didakwa melanggar Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *