SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Sijunjung Terima Bantuan Bedah Rumah 1.005 Unit

Alex Indra Lukman,  Anggota Komisi V DPR RI

Siunjung, fajarsumbar.com Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Kabupaten Sijunjung sosialisasikan ketentuan bantuan  Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Gor Sibinuang Sakti, Jumat (5/4/2019).

Menurut Riky Mainaldi kepala Dinas Perkim LH tersebut mengatakan dalam laporannya, khusus di Kabupaten Sijunjung untuk tahun ini 2019 bantuan bedah rumah dapat seribu lima, dan untuk tahap pertama dapat 645 unit, artinya untuk tahap pertama ini akan lansung disegerakan, makanya disosialisasikan hari ini, dan untuk diketahui bantuan ini merupakan dana aspirasi Anggota DPR RI Alex Indra Lukman, jelasnya.

Dikatakannya juga Dinas Perkim LH dan fasilitator bekerja sama dengan wali nagari untuk menentukan rumah-rumah yang mendapatkan bantuan ini, masing-masing nagari mendapat bantuan sebanyak 20 kepala keluarga. 

Nominal setiap rumah dari program BSPS sebesar Rp17.5 juta. Rinciannya, Rp15 juta untuk material bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Sementara itu Alex Indra Lukman,  Anggota Komisi V DPR RI, mengatakan dalam sambutannya bantuan ini merupakan dana dorongan untuk masyarakat membangun rumah dengan bergotoroyong, sehinga rumah bisa menjadi layak huni. 

Yuswir Arifin Bupati Kabupaten Sijunjung, dalam arahaanya mengatakan. Program BSPS merupakan salah satu program Kementerian Perumahan dan permukiman mengatasi permasalahan rumah tidak layak huni dengan melibatkan partisipasi dan keswadayaan masyarakat penerima bantuan dan untuk tahun 2019 ini Kabupaten Sijunjung mendapatkan bantuan yang terbesar di Sumatera Barat yaitu 1.005 unit rumah yang akan dibedah.

“Dengan adanya program BSPS kiranya bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam meningkatkan kualitas rumah, sehingga rumah kurang layak huni menjadi layak huni yang permanen dan pengerjaannya sebaiknya dilakukan secara bergotong royong,” jelas Bupati.

Hadir dalam kesempatan tersebut Yuswir Arifin Bupati Kabupaten Sijunjung sekaligus membuka acara sosialisasi bedah rumah dimaksut, Anggota Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman, Riky Mainaldi M.Si, Camat, Wali Nagari, Fasilitator pendamping lapangan serta tokoh masyarakat penerima bantuan program BSPS. (def)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *