SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Suku Sikumbang Bangun Mushalla Baru Lewat Tabligh Akbar


Pariaman, fajarsumbar.com – Mushalla Taqwa Suku Sikumbang Korong Pilubang Kenagarian Ketaping Kabupaten Padang Pariaman kurang layak sebagai tempat ibadah. Mushalla berdinding kayu itu sudah keropos di beberapa bagiannya.

“Mushalla Taqwa ini dilihat sepintas sudah tak layak lagi dijadikan tempat ibadah. Harus dibangun yang baru, yang lebih luas. Sungguh tepat langkah yang diambil orang Suku Sikumbang untuk memulai pembangunan mushalla ini,” kata H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, SIP., MH, saat memberikan sambutan di hadapan hadirin pada Tabligh Akbar yang digelar di Mushalla Taqwa Suku Sikumbang, Selasa 2 April 2019.

Menurut Leonardy, kegiatan pembangunan yang diawali oleh Tabligh Akbar tersebut merupakan salah satu cara efektif untuk menggugah warga Sikumbang di kampung dan perantauan untuk aktif dalam kegiatan itu. Tentu mereka tidak mau ketinggalan turut serta memberikan sedekahnya. 

“Kegiatan membangun rumah ibadah dengan melibatkan masyarakat di jorong-jorong terdekat dalam satu nagari, surau terdekat dan pemerintahan adalah tradisi Padang Pariaman yang harus dilestarikan. Hal ini efektif membangkitkan rasa kebersamaan, memupuk persatuan apalagi dimeriahkan dengan Tabligh Akbar,” ungkap menantu Bupati Padang Pariaman Anas Malik itu.

Panitia Pembangunan Mushalla telah memberikan ladang amal bagi kita semua. Kita harus memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya. 

Dia pun menyarankan alangkah lebih baiknya acara Tabligh Akbar diikuti dengan peletakan batu pertama pembangunan mushalla. Minta kesediaan Bupati untuk melakukan peletakan batu pertamanya. 

“Biasanya jika peletakan batu pertama dilakukan oleh pejabat tertinggi di daerah, maka bangunan itu lebih mendapat prioritas. Semakin mudah mendapatkan dukungan dari instansi pemerintahan lainnya,” ungkap Leonardy.

Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, mengungkapkan kegembiraannya terhadap besarnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Dengan membangun rumah ibadah, berarti suku sikumbang sudah punya andil dalam pembentukan keimanan dan ketaqwaan masyarakat sekitarnya. Apalagi jika banyak kegiatan keagamaan dilakukan di sana. 

Menurutnya, pembangunan mushalla itu telah dimintakan bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum untuk merancang bangunan mushalla itu sebaik mungkin. “Atas upaya tokoh masyarakat Ketaping yang kini duduk di DPRD Padang Pariaman, Saudara Rosman, pembangunan mushalla dapat bantuan dari APBD Padang Pariaman. Dan atas permintaannya, desain dan rancangan biayanya dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Padang Pariaman,” ujarnya. 

Pemilik Ulayat Nagari Katapiang Bahrum Dt. Rangkayo Rajo Sampono mengharapkan pembangunan Mushalla Taqwa Suku Sikumbang berjalan lancar dan bisa siap dalam waktu cepat. Dia optimis dengan bantuan Bupati Padang Pariaman, H. Leonardy Harmainy, anak nagari dan perantau serta semua pihak, mushalla bisa segera dimanfaatkan untuk tempat ibadah. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *