SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Afrineldi Dipercaya Jadi Kepala Disparpora Sijunjung, 'Beban Berat' Menanti

Afrineldi Kadis Dispora Kabupaten Sijunjung
Sijunjung, fajarsumbar.com - Afrineldi, SH, mantan Kabag Umum Setdakab Sijunjung terhitung sejak 8 Mei 2019, dipercaya dan dilantik sebagai Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung.

Tentu ini sebuah 'beban berat' yang akan dipikul, karena menurut Bupati Yuswir Arifin Dinas Pariwisata sedang mempunyai rencana besar yaitu Geopark. Artinya orang-orang yang mampu menduduki jabatan tersebut dan bisa membawa rencana itu menjadi nyata.

Sementara itu Afrineldi Kepala Dinas Pariwisata yang baru, ketika di konfirmasi fajarsumbar.com mengatakan optimis dengan rencana pembangunan Geopark oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung. "Di sini kita di dinas bukan sendiri, tapi bersama sama dengan instansi terkait, seperti Dinas PUPR, Bappeda, Koperindag dan lainnya," jelasnya.

Artinya Dispora tidak jalan sendiri, jika diparsentasikan kerja Dispora hanya 25 persen dan sebetulnya Geopark ini jangan diartikan dengan wisata-wisata yang banyak di beberapa daerah.

Seperti di Pesisir Selatan dengan Pantai Cerocoknya,  tapi Geopark ini adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Seperti di Nagari Sijunjung tepatnya di Padang Ranah dengan Rumah Gadang yang harus dilestarikan.

Sayangnya banyak dari masyarakat   yang kurang optimis dalam pengembangan Geopark ini. Sebut saja Nal dan Darmon yang mengkwatirkan akan biaya untuk pase pelaksanaannya, mulai dari jalan sarana dan prasarana pendukung lainnya. Khusus lokasi yang di Silokek disamping membutuhkan waktu yang lama, karena jarak yang cukup panjang tambah dana yang besar.

Sedangkan jika dilihat dari hemat media ini, tujuan Geopark adalah mengambil manfaat, menggali, menghargai dan mengembangkan warisan geologi tersebut seperti halnya Pelestarian Bioma. Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. 


Destinasi kawasan Geopark Sijunjung

Seperti wilayah yang sudah ditetapkan sebagai Geopark nasional di negaranya dengan memiliki batas-batas yang ditetapkan oleh pemerintah setempat dengan jelas dan memiliki kawasan yang cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal.

Mininal ada tiga kegiatan yang berlangsung yaitu konservasi , pendidikan dan geowisata, pertanyaannya masyarakat mana yang akan datang untuk itu? "Kita tunggu saja. Karena Sekda Zefnihan  Kabupaten Sijunjung  juga pernah terucap akan mengalahkan PAD Pesisir Selatan dangan wisata yang ada di daerah Pesisir yang mencapai lebih kurang  Rp3 miliar di hari Raya Idul Fitri tiap tahunnya. (def)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *