Begini Aktivitas PSBN Tuah Sakato, Kalumbuk Selama Ramadhan

Iklan Semua Halaman


Olahraga

Begini Aktivitas PSBN Tuah Sakato, Kalumbuk Selama Ramadhan

Senin, 13 Mei 2019
Kepala PSBN Tuah Sakato Kalumbuk, Padang, Dra. Erliza Rupiah Riawati, bersama pejabat, staf Senin (13/5) di musala panti, membuka pesantren Ramadan 1440 H. Kegiatan ini diikuti 50 warga binaan sosial (WBS) panti. (yasrizal)

Padang, fajarsumbar.comAktivitas Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato, Kalumbuk, tak biasa seperti hari lainnya. Kini, nuansa keagamaan selama Ramadhan 1440 H, terasa betul. 

Lantunan bacaan alquran, ayat pendek dan ceramah agama dilakoni 50 warga binaan sosial (WBS). Benar-benar menjadi kampung bulan puasa jadinya unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Dinas Sosial Provinsi Sumbar  tersebut.

Kepala PSBN Tuah Sakato, Kalumbuk, Dra. Erliza Rupiah Riawati didampingi Kepala Seksi Pelayanan Keterampilan dan Percakapan, Erma SH, serta Kepala Seksi Pelayanan Perawatan Pemeliharaan dan Pengawasan Orsal R, SE., kepada fajarsumbar.com di panti, kemarin, mengemukakan, pesantren Ramadan 1440 ini mulai dari 13 Mei serta berakhir pada 28 Mei 2019. Tujuannya, lanjut Erliza, guna memantapkan dan meningkatkan ajaran agama Islam, khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak serta Alquran. 

"Sehingga bisa diterapkan pula dalam kegiatan sehari-hari. Ini sesuai tema, melalui pesantren ramadan kita tingkatkan akhlatul karimah dan kemandirian disabilitas netra di era millenial," tegasnya lagi.

Untuk materi pesantren, yakni, pendalaman asmaul husna, teori dan praktik dakwah islamiah, teori dan praktik berwudlu, salat, materi kesehatan, ilmu tajwid serta hafalan ayat pendek dan teori praktik penyelenggaraan salat jenazah. 

"Juga zikir dan doa sesudah salat serta muhasabah," timpal Erma dan Orsal.
Di samping itu, warga binaan sosial (WBS) 35 laki-laki dan 15 kelayan perempuan, juga mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan dan mitigasi gempa tsunami oleh BPBD Sumbar. Selain itu, juga konsep dasar ABS-SBK.

"Nara sumber ada dari dalam panti dan juga di luar panti seperti Kemenag, IAIN Imam Bonjol serta BPBD Sumbar," tuturnya seraya menambahkan kelayan panti juga menyelenggarakan salat tarwih dan witir berjemaah, dengan mendatangkan pendakwah dari luar panti. (yas)