SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

BI Sumbar Siapkan Rp4,6 Triliun Uang Pecahan untuk Lebaran

ilustrasi

Padang, fajarsumbar.com - Bank Indonesia Sumatera Barat menggandeng perbankan melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil di luar kantor melalui kegiatan kas keliling. Sebanyak 19 lokasi layanan kas keliling tersebar di tujuh lokasi di wilayah Padang dan 12 lokasi di kabupaten/kota di Sumbar

Kepala Bank Indonesia Wahyu Purmana A menyampaikan, kas keliling untuk penukaran uang tersebut sudah dimulai dari 7-29 Mei 2019 pukul 08.30-12.00 WIB. Jumlah lokasi kas keliling ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan layanan kas keliling tahun lalu yang hanya tersebar di lima lokasi mencakup Kota Padang dan beberapa kabupaten/kota.

"Masifnya kegiatan layanan penukaran kali ini merupakan bentuk sinergi dan kerja sama Bank Indonesia dengan perbankan di Sumbar. Selain melibatkan perbankan, Bank Indonesia Sumbar juga telah menyiapkan modal kerja sebesar Rp4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan pecahan kecil selama Ramadan tahun ini," terang Wahyu seperti dikutip harianhaluan.com.

Ia menjelaskan, tahun ini jumlah yang disiapkan mengalami peningkatan sebesar 8 persen dibandingkan Ramadan tahun lalu. Untuk kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang hendak melakukan penukaran melalui layanan kas keliling, Wahyu mengatakan masyarakat perlu memperhatikan beberapa aturan.

"Layanan penukaran hanya melayani penukaran dari pecahan besar ke pecahan kecil. Oleh karena itu, pecahan yang diterima adalah Rp100.000 dan Rp50.000. Uang Pecahan Kecil yang disediakan untuk penukaran adalah Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000," ulas Wahyu.

Wahyu melanjutkan, sebelum melakukan penukaran, uang pecahan besar agar dirapikan dan disusun sesuai urutan pecahan. Kemudian, masyarakat hendaknya memperhatikan keamanan saat menuju atau meninggalkan lokasi kegiatan penukaran. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *