SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Masyarakat Harus Dukung Pembangunan SDM dan Potensi Ekonomi Pariaman


Pariaman, fajarsumbar.com – Masyarakat Kota Pariaman dihimbau untuk terus mendukung upaya Pemerintah Kota Pariaman untuk menghidupkan potensi-potensi ekonomi daerah yang berjuluk Kota Tabuik itu. Begitu pula dengan menjadikan kota itu sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia.

”Secara ekonomi, Kota Pariaman tidak memiliki sumber daya alam yang memadai untuk menunjang pembangunan. Pariwisata dengan dukungan kuliner dan ekonomi kreatif yang merupakan salah satu unggulan yang dikaruniakan Allah SWT untuk kota ini, makanya dukunglah upaya pemerintah kota mengembangkannya seoptimal mungkin,” kata Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH memotivasi Jamaah Masjid Darul Maarif Tepi Air Pariaman dalam kunjungan Safari Ramadhan 1440 H.

Dikatakan Leonardy, ketiadaan sumber daya alam mengharuskan seluruh elemen di kota ini mendukung pembangunan pengembangan sumber daya manusia dan pemanfaatan potensi-potensi ekonomi dari sektor wisata alam/bahari seperti pantai dan pulau-pulau di pesisir Pariaman.

Leonardy yang telah mengikuti perkembangan Pariaman sejak 1981 memaparkan bahwa Pariaman punya wisata bahari di sepanjang pantai kota ini. Kurang lebih sekitar 12,5 kilometer panjangnya, dimana salah satu andalannya adalah Pantai Gandoriah.

Wisata alam tersebut harus didukung dengan kuliner kota ini yang kaya dan beragam serta telah dikenal luas oleh wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

“Kuliner ini hendaknya diolah sedemikian rupa dengan variasi rasa yang disukai selera orang-orang yang berkunjung ke Pariaman. Artinya kuliner tersebut bukan hanya memperhatikan selera Orang Piaman, begitu pula dengan lokasi atau tempatnya,” ujarnya.

Untuk mendukung pengembangan potensi wisata bahari dan kuliner tersebut, pemerintah kota diharapkannya untuk memanfaatkan jalur Bandara Internasional Minangkabau ke Kota Pariaman. Upayakan peningkatan status jalannya menjadi jalan nasional.
Hal ini akan mempermudah akses ke Kota Pariaman.

Rangkul masyarakat dan selesaikan permasalahan tanah masyarakat yang terpakai dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya masyarakat hendaknya memberikan dukungan dengan melepas kepemilikan tanah mereka yang terpakai untuk pelebaran jalan yang bakal ditingkatkan menjadi jalan nasional itu.

“Mudahkan pemerintah kota dalam penyelesaian tanah yang terpakai untuk pelebaran jalan. Semua demi kebaikan bersama. Jika akses ke kota ini lancar, maka sektor ekonomi kerakyatan akan bermunculan maka praktis perekomian masyarakat pun meningkat,” ulasnya.

Bukan hanya itu, sisi pengembangan sumber daya manusia harus pula diprioritaskan. Sumber daya manusia ini yang akan membuat potensi-potensi ekonomi Pariaman makin bersinar. Harus diupayakan bagaimana agar Pariaman menjadi kota tujuan pendidikan, caranya yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan membuat lembaga pendidikan unggulan di kota ini.

Program Masjid Darul Maarif Tepi Air untuk membangun pusat pendidikan Tahfiz Quran harus didukung. “Inilah yang saya maksud dengan membuat lembaga unggulan dengan sarana dan prasarana pendukung yang bagus dan mutu pendidikan yang terus ditingkatkan. Saya sangat mendukungnya,” tegas Leonardy sembari menyebutkan jemaah yang akrab disapa Mak Tuan Hander sebagai saksi hidup bagaimana perhatiannya terhadap Pariaman.

Ketua Masjid Darul Maarif Tepi Air, Syarif Husein menyebutkan kedatangan Senator asal Sumbar ke masjid itu sangat menggembirakan. Harus disyukuri mengingat masjid yang dipimpinnya terpilih diantara ribuan rumah ibadah di Sumbar sebagai tujuan Safari Ramadhan dari H. Leonardy Harmainy.

Dia pun mengungkapkan direncanakan Pondok Tahfiz Quran tersebut terdiri dari tiga unit bangunan. Dua unit berlantai dua dan satu unit dibangun tiga lantai. Masing-masing lantai nantinya seluas 50 meter persegi.

“Saat ini telah dimulai pembangunannya. Sangat diharapkan dukungan moril maupun materil dari senator kita agar proses pembangunan ini lancar dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujar pria yang akrab dipanggil Da Ujang itu. (ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *