Senator HDI Bahas Ketahanan Energi di UNP

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Senator HDI Bahas Ketahanan Energi di UNP

Jumat, 10 Mei 2019
Herman Darnel Ibrahim (kanan) menyerahkan buku kepada Rektor UNP Prof Ganefri

Padang, fajarsumbar.com - Pakar energi DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. Ibrahim yang juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Sumatera Barat menjadi pembicara tunggal dalam Kuliah Umum Ketahanan Energi Nasional yang berlangsung di Ruang Serba Guna Fakultas Teknik UNP, Kamis (9/5).

Kuliah umum yang dibuka oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD dan dihadiri para dekan di lingkungan UNP, ketua lembaga, ketua jurusan dan ketua Program Studi serta dua ratusan mahasiswa, Herman Darnel Ibrahim menceritakan Ketahanan Energi Nasional dan Potensi Krisis Energi di masa Depan.

Mantan Direksi PLN (Persero) yang sering dipanggil dengan HDI ini berbagi kisah mengenai pengambilan keputusan soal energi di negara kita yang sering tidak sejalan dengan semangat Ketahanan Energi. Desain awalnya sudah bagus dan ideal, tetapi begitu diambil keputusan untuk action seringkali melenceng dari ideal. 

Pengambilan keputusan itu tidak saja di kementrian dan lembaga, di legislatif, termasuk juga sampai ke pemerintah daerah. Bahkan di Dewan Energi Nasional (DEN) pun, yang HDI pernah menjadi Anggotanya, tidak dapat mengambil keputusan yang maksimal untuk tujuannya ketahanan energi nasional. 

"Jika memang kita serius untuk ketahanan energi nasional, mari duduk bersama seluruh pemangku kepentingan. Syaratnya dalam pengambilan keputusan benar-benar untuk kepentingan negara dan bangsa dengan prinsip keputusan diambil secara ilmiah berdasarkan data.  Tidak didasari interest. Jangan ada terselip kepentingan kelompok atau pribadi," kata Herman Darnel Ibrahim, Putra Talang Maur Kabupaten 50 Kota ini.  

Dikatakan HDI, kekuatan dan kemajuan suatu negara ditentukan oleh tiga faktor yang mencakup ketahanan pangan, ketahanan energi dan pemahaman serta penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, jangan abaikan ketahanan energi nasional.

Kuliah umum menjadi hangat meski berlangsung di bulan puasa. Banyak pertanyaan dari mahasiswa dan dosen. Hal yang ditanyakan adalah masalah kekinian soal energi nasional, bahkan termasuk menanyakan tarif listrik serta harga BBM. 

Rektor UNP Prof Ganefri dalam kesempatan itu menyematkan pin UNP kepada HDI. Sekaligus merayu HDI menjadi dosen tetap pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNP. Pasalnya HDI lulusan S1-nya Teknik Elektro ITB, S2 di University of Manchester dan S3 (Doktor) di Fakuktas Teknik ITB tahun 2004, sehingga sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas Jurusan Teknik Elektro. "Insya Allah saya luangkan waktu untuk UNP, dan mengajar adalah hobi saya," kata Herman Darnel Ibrahim. 

Pada kesempatan itu HDI menyerahkan buku karyanya berjudul "Energi Selamatkan Negeri" yang kata pengantarnya ditulis oleh Purnomo Yusgiantoro, yang pada waktu itu Menteri Pertahanan RI. Penyerahan buku dilakukan kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan mahasiswa. (gk)