Lintau Expo Kembali Digelar di Tanah Datar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Lintau Expo Kembali Digelar di Tanah Datar

Senin, 10 Juni 2019
Bupati Irdinansyah Tarmizi 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kabupaten Tanah Datar kembali menggelar Lintau Expo, yang bertujuan untuk menciptakan ruang dan tempat bagi masyarakat ataupun pengusaha lokal untuk promosikan produk unggulan.

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengatakan kegiatan tahunan ini terselenggara berkat kerjasama pemerintah daerah, masyarakat dan Ikatan Keluarga Lintau Buo, baik yang dikampung halaman maupun perantau.

“Lintau memang hebat, ungkapkan ini berani saya sampaikan karena memang iven seperti ini, setahu saya baru ada di Lintau IX Koto ini. Namun tentunya, gelaran ini nantinya mampu memberikan dampak nyata bagi perkembangan usaha dan produk masyarakat, baik UKM, kuliner maupun keseniannya,” kata Bupati. 

Kemudian Bupati juga berharap kepada dinas terkait, Wali Nagari ataupun anak nagari untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam promosikan hasil produk di masing-masing nagari. “Kita harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti website nagari untuk mempromosikan usaha kita.

"Sehingga informasi bisa disampaikan kepada siapa saja dan dimana saja, karena itu Dinas PMDPPKB, Kominfo, Koperindag, Wali Nagari serta anak nagari saling bersinergi untuk lakukan hal ini,” pesan Irdinansyah di Lapangan Kubang Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo, Minggu (9/6/2019). 

Di kesempatan sebelumnya, Gubernur Sumbar diwakili Kadis Perindag Asben Hendri menyampaikan pemerintah provinsi Sumbar bersama Dekranasda menjadikan Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satu faktor yang terus diperhatikan. 

“Pemerintah provinsi terus mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha masyarakat dan berbagai UKM, karena mampu memberikan peningkatan ekonomi masyarakat. Dan Pemprov memberikan apresiasi terhadap Lintau Expo ini, karena menjadi ajang promosi usaha masyarakat di Nagari,” kata Asben.

Sementara itu Ketua Pelaksana Lintau Expo II Tahun 2019 Rivaldi mengungkapkan, pelaksanaan yang direncanakan 9 sampai 11 Juni 2019 ini, disamping sebagai wadah silaturahmi bagi warga masyarakat Lintau IX Koto, juga menjadi ajang promosi usaha masyarakat. 

Ada 30 stand pameran yang diiisi dan pamerkan berbagai hasil kerajinan, kuliner masyarakat lokal, kemudian kita juga lakukan pertunjukan kesenian dan budaya seperti silat lintau. Terima kasih atas dukungan kita semua, terutama IKLB dan Pemda Tanah Datar, serta seluruh masyarakat di Lintau IX Koto. 

Di kesempatan itu juga pemuka masyarakat Lintau IX Koto, di antaranya Camat Lintau Buo, Camat Lintau Buo Utara, Forkompinca, Walinagari, ninik mamak dan alim ulama mendeklarasikan tekad seluruh masyarakat Lintau IX Koto perang terhadap narkoba dan penyakit masyarakat lainnya. 

Selain Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi hadir Gubernur Sumbar diwakili Kadis Perindag Provinsi Sumbar Asben Hendri, Kepala OPD, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri, Camat Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Forkopimca, Wali Nagari di Lintau IX Koto, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(adek)