SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Nagari Cubadak Wakili Tanah Datar, Lomba Nagari Berprestasi


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Nagari Cubadak kecamatan Lima Kaum mewakili kabupaten Tanah Datar lomba nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat.

Tim penilai disambut dengan tari gelombang dan gendang tansa dan dihadiri ratusan masyarakat, tokoh masyarakat, perantau, SKPD, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar serta undangan lainnya, Kamis (13/6/2019) di nagari setempat.

Ketua tim penilai yang juga Kabid Pemerintahan Desa Azwar dalam sambutannya menyampaikan, berbagai kelebihan Nagari Cubadak telah ditampilkan kepada tim penilai, sebelum acara dimulai juga telah ditayangkan video profil Nagari Cubadak dengan berbagai potensi yang ada.

Kalau Nagari Cubadak mempunyai banyak kelebihan dari nagari lainnya di Sumatera Barat, maka jelas yang terbaik akan jatuh ke Cubadak.

Tim penilai meninjau ke lapangan apakah memang benar yang disampaikan tersebut akan dibuktikan di lapangan dan wawancara serta diskusi dengan pihak terkait.

Menurut ketua tim, yang dinilai dalam lomba nagari berprestasi ini antara lain bidang kesehatan, ekonomi, PKK, Kamtibmas, pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan lainnya, sehingga antara data yang ditampilkan dengan kondisi di lapangan harus sesuai serta inovasi yang telah dilakukan.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma sampaikan, ditunjuknya Nagari Cubadak mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam lomba nagari berprestasi ini sudah melalui proses yang panjang, setiap kecamatan telah dipilih mewakili satu nagari.

"Dari 75 nagari di Tanah Datar maka Nagari Cubadak lah yang terbaik dan pantas untuk maju ke tingkat propinsi. Insya Allah nanti juga dapat mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional,” ujar Zuldafri.

Sebelum mewakili Tanah Datar ke propinsi, pemerintah daerah melalui tim juga melihat perkembangan nagari pada tiga bidang yaitu bidang pemerintah, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan serta didukung indikator inisiatif dan kreatifitas dengan berbagai inovasi.

Wali Nagari Cubadak Asrizallis sampaikan nagari Cubadak banyak kelebihan dari nagari lainnya di Tanah Datar dengan memiliki 5 pilar program yaitu sholat berjamaah lima waktu di masjid dan surau,

"Perilaku hidup bersih, sehat dan teratur serta budayakan gotong-royong, pendidikan (satu rumah satu sarjana), bekerja dan mencari nafkah sebagai ladang ibadah dan pembangunan prioritas," ujarnya.

Ke depannya pemerintah nagari juga akan mewujudkan program kabupaten tahfiz dengan satu rumah satu hafiz serta berbagai inovasi juga dilakukan di antaranya bidang pertanian dengan memiliki pabrik pengolakan minyak serai wangi dan destinasi wisata.

Usai acara seremonial penyambutan dan acara ekspose, dilanjutkan untuk wawancara dengan lembaga yang terkait dan peninjauan lapangan, sesuai dengan ekspose yang telah disampaikan wali nagari.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *