Pawai Budaya Meriahkan Festival Pesona Mentawai 2019

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Pawai Budaya Meriahkan Festival Pesona Mentawai 2019

Sabtu, 29 Juni 2019

Tuapejat, fajarsumbar.com - Festival Pesona Mentawai (FPM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai di Meriahkan  dengan  berbagai  kegiatan , salah satunnya pawai budaya tradisional Mentawai, di mulai dari depan  kantor bupati sampai ke lokasi acara di Dusun Mappadegat Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara.

Pelepasan Start   pawai budaya Fpm  di Lepas  oleh Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet di dampingi Forkopimda, Kepala OPD, anggota paskibraka serta kontingen FPM yang berada di 10 kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sebelumnya Jumat (28/06) semua peserta pawai budaya FPM di hiasi berbagai  ciri khas budaya setiap daerah yang ada di Kabupaten kepulauan Mentawai,
beberapa kendaraan roda empat  juga ambil bagian  di Fpm,di hiasi dengan berbagai seni  budaya mentawai.

Perjalanan jarak yang di tempuh oleh peserta pawai budaya itu sendiri di perkirakan   lebih kurang 3 Km, yang di kawal oleh mobil patwal Lantas Polres Mentawai.

Panitia Pawai Budaya,  Sulaiman Guguak   mengatakan, Peserta  yang ikut memeriahkan  Pawai Budaya ini semuanya  harus memakai  atribut pakaian adat Mentawai, tutur nya.

Sulaiman Guguak mengatakan, adapun kegiatan pembukaan FPM di suguhkan dengan menampilkan turu sikerei yang sudah dipersiapakan jauh- jauh hari sebelum kegiatan, pembukaan ini juga di meriahkan  tarian massal budaya Mentawai di lokasi acara houmste   Dusun  Mappadegat  Desa Tuapejat.

"Intinya, Festival Pesona Mentawai (FPM)  mampu mengangkat  nilai-nilai budaya Mentawai  dan sekaligus   kita sukseskan,"ucap nya.

Harap saya, pada acara FPM dari awal hingga selesai nantinya dapat berjalan baik serta di kunjungi oleh masyarakat   dan Turis mancanegara,"tutup nya. (st)