SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Pekan Kesenian Andaleh Baruah Bukik di Tanah Datar Meriah


Tanah Datar,fajarsumbar.com - Luar Biasa, ungkapan yang pantas disematkan kepada masyarakat Jorong Andaleh Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang. Selama sepekan, masyarakat setempat bersuka cita menggelar pertunjukan berbagai seni tradisi Minang.

Seni silat tradisi, silat olah raga, berbagai tari tradisi dan tari kreasi, permainan debus, musik rebana, permainan anak nagari yang sudah jarang dimainkan, kembali ditunjukkan seperti pacu karung, lomba tangkelek panjang dan lainnya, dilansungkan generasi muda setempat semenjak 5 Juni 2019 yang lalu.

Puncaknya saat penutupan, Rabu (12/06/2019). Masyarakat tumpah ruah, anak-anak sampai orang tua berkumpul di depan pelataran Masjid Baiturrahim untuk kembali menyaksikan berbagai penampilan tari, silat, musik rebana, badut serta panjat pinang.

Kehadiran Cimuntu “Orang berkostum dari ijuk” yang menjadi ikon nagari yang dulu disebut desa adat semakin menambah kemeriahan acara.Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Camat Sungayang Aslamuddin, Walinagari dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Bupati Irdinansyah Tarmizi pun mengakui alek nagari yang selalu semarak tersebut sebagai iven yang luar biasa, dan berdasarkan data budaya Sumatera Barat, tradisi hanya ada di Andaleh Baruah Bukik.Pemerintah daerah selalu mendukung alek nagari yang selalu dinanti-nanti masyarakat maupun perantau tersebut. 

"Pekan kesenian Andaleh Baruah Bukik sudah masuk Kalender Event Pariwisata Tanah Datar. Kepada masyarakat kita berharap tradisi ini terus dipertahankan karena turut melestarikan budaya dan tradisi Minangkabau,” pesan Irdinansyah Tarmizi.

Yeni Eliza selaku Ketua Panitia menyebutkan tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun dan bertujuan untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri.Pekan kesenian ini menambah kegembiraan masyarakat kami menyambut Idul Fitri.

"Selain itu memperkuat silaturahmi antara masyarakat di kampung dengan perantau, selain penampilan seni,tahun ini ada 14 anak nagari setempat ikut sunatan massal atas bantuan masyarakat dan perantau,” ucap Ayang panggilan akrab Yeni.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *