SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Pemilu 2019 Selesai, Masa Tugas Panwaskel dan Panwascam Berakhir

Jhoni Aulia
Padang Panjang, fajarsumbar.com-Masa tugas Panitia Pengawas Lapangan (PPL) resmi berakhir sebulan pasca Pemilihan Umum (Pemilu)17 April. Sementara tugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) barakhir Juni 2019.

Kepastian itu disampaikan oleh Koordinator Divisi Sumberdaya Manusia dan Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Padang Panjang Jhoni Aulia, kepada fajarsumbar.com, ketika melakukan suvervisi ke Sekretariat Panwascam Padang Panjang Timur, Jumat (28/6)

Dijelaskan Jhoni Aulia masa tugas Pengawas TPS, PPL dan Panwascam tidak berakhir secara bersamaan melainkan sesuai ketentuan yang tertuang dalam aturan.

“ PTPS itu berakhirnya, seminggu setelah Pemilu. Sedangkan PPL berakhir sebulan (30 hari ‘red) setelah Pemilu dan Panwascam baru akan berakhir masa tugasnya dua bulan pasca Pemilu,” ujar Jhoni Aulia

Dikatakan Jhoni Aulia, kalau Pengawas TPS kan sudah berakhir bulan April lalu, tepatnya 24 April, seminggu setelah Pemilu, kalau PPL bulan Mei dan Panwascam bulan Juni.

Dikatakan Jhoni Aulia, menjelang akhir masa tugas Panwas TPS, PPL dan Panwascam pihkanya telah melakukan evaluasi terkait kinerja mereka dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Sementara Kordinator Sekretariat Bawaslu Padang Panjang Zulhairi menambahkan pembentukan dan pemberhentian Panwas TPS, PLL dan Panwascam diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Pada Pemilu 2019, pemberhentian anggota Panwaslu Kelurahan dan Panwas Kecamatan diperkuat dengan Kemudian diperkuat dengan Surat Ketua Bawaslu RI Nomor 0238/K.BAWASLU/TU.00.01/V/2019.

"Dalam surat Edaran Ketua Bawaslu yang berisikan masa tugas pengawas Pemilu ad hoc dalam rangka Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden dan DPRD tahun 2019," ujar Zulhairi.

Disebutkan Zulhairi, Ketua Bawaslu RI menyampaikan kepada Bawaslu Provinsi dan Kota bahwa masa tugas Panwaslu Kelurahan / Desa berakhir 31 Mei 2019, dan Panwascam masa tugasnya berakhir 30 Juni 2019.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *