SMAN 3 Solok Selatan Sediakan 360 Kursi untuk Peserta Didik Baru

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

SMAN 3 Solok Selatan Sediakan 360 Kursi untuk Peserta Didik Baru

Jumat, 28 Juni 2019

Solok Selatan, FajarSumbar.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Solok Selatan (Solsel) laksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020. Kuota untuk peserta didik disediakan untuk 360 siswa dengan 10 rombongan belajar.

"Jumlah tersebut, sama dengan PPDB tahun lalu. Dengan kuota 15 persen dari jumlah disediakan untuk jalur prestasi, anak dari Guru Tenaga Kependidikan di SMAN 3 dan siswa luar zonasi. Masing-masing dijatah kuota 5 persen," ucap Kepala SMAN 3 Solsel, Akmalu Rijal Putra, Jumat (28/6).

Pendaftaran jalur prestasi, luar zonasi dan anak guru terkait ini dilaksanakan secara manual atau offline dari 25 sampai 28 Juni 2019. Kemudian tanggal 29 Juni diumumkan dan 1 Juli pendaftaran ulang bagi yang lulus.

Sedangkan untuk pembukaan pendaftaran calon peserta didik dari umum dilakukan secara online pada 4 sampai 6 Juli 2019. Kemudian, 8 Juli diumumkan dan pada 8-10 Juli 2019.

Bagi calon peserta didik yang mendaftar harus melampirkan sejumlah persyaratan di samping persyaratan utama seperti nomor peserta ujian SMP, surat keterangan lulus dan nilai UN. Juga melampirkan akta kelahiran dan KTP orangtua dan menyerahkan surat keterangan mutlak tanggung jawab orang tua/wali calon peserta didik.

"Bagi jalur prestasi minimal harus memiliki nilai rata-rata 7 untuk Matematika dan IPA serta sertifikat atau piagam yang diperoleh untuk perorangan bukan beregu. Bagi luar zonasi harus melampirkan surat tugas pindah orang tua. Sedangkan anak guru terkait melampirkan SK guru terkait," sebutnya.

Akmalu, menyebutkan pendaftaran tidak dipungut uang pendaftaran alias gratis. Jika berkas lengkap dan melebihi kuota, maka calon peserta didik akan dirangking oleh Dinas pendidikan provinsi Sumbar. Minat siswa untuk bersekolah di SMAN 3 Solsel diperkirakan akan melebihi kuota, karena lima tahun belakangan ini banyak lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik dalam dan luar provinsi.

"Siswa SMAN 3 lulusan tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 255 orang siswa. Dimana, 180 orang siswa merupakan siswa undangan di berbagai perguruan tinggi," katanya. (Yuni Valora)