SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Syamsul Bahri Terpilih Jadi Ketua Umum DPP Kwartab Periode 2019 -2022

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno disambut siriah dalam acarano pada acara pulang basamo Nagari Tanjung Balik, Solok.

Solok, fajarsumbar.com - H. Syamsul Bahri, S.Pd, MM terpilih secara aklamasi jadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kerukunan Warga Tanjung Balik (Kwartab), Kabupaten Solok dari hasil musyawarah nasional (Munas) ke-10 yang dilaksanakan di Lapangan Pasar Senin, Nagari Tanjung Balik, Minggu (9/6/2019).

Terpilihnya Syamsul Bahri menjadi harapan baru bagi warga Tanjung Balik untuk tiga tahun ke depan (2019-2022). Syamsul Bahri menggantikan posisi Prof.Dr.Ir..H.Nafryzal Carlo yang sudah habis masa jabatannya. 

"Terpilihnya Syamsul Bahri menjadi Ketum DPP Kwartab ini menjadi harapan baru bagi warga Tanjung Balik, baik dari kampung maupun di perantauan untuk membangun kampung halaman ke depan," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno seusai munas tersebut. 

Pada Munas ke-10 itu terpilih ketua umum secara aklamasi. Perwakilan masing masing Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kwartab seluruh Indonesia mempercayai Syamsul Bahri untuk menakhodai Kwartab tersebut. Terdiri dari 13 DPC yang didampingi para penasehat dan pembina, serta tokoh dan perwakilan dari warga Tanjung Balik. 

Hasil keputusan Munas tersebut untuk Ketua Umum DPP Kwartab Priode 2019-2022 dipercayakan kepada, Syamsul Bahri. Musyawarah Nasional, pulang basamo Kerukunan Warga Tanjung Balik berlangsung 05 sd 09 Juni 2019 yang bertepatan dengan suasana Idul Fitri 1440 H.

Menurut gubernur, kekuatan ekonomi  perantau sangat berperan besar dalam membangun nagari, para perantau diharapkan  ikut berpartisipasi membangun kampung halaman ke depan.

Dijelaskan Kabupaten Solok patut berbangga mempunyai nagari yang memiliki ikatan perantau yang solit dan kompak termasuk Tanjung Balik. Untuk itu sinergi antara perantau dengan orang orang yang ada di nagari sangat diperlukan. "Mari kita singkirkan ego  masing masing," jelasnya. 

Gubernur juga berharap menjadikan momen pulang basamo sebagai ajang mempererat silaturrahim antara masyarakat kampung dan perantau sekaligus membangun kampung halaman. 

Sementara usul terhadap pembangunan SDIT, pemindahan pasar, penambahan guru SMK dan pembangunan lainnya akan ditindaklanjuti sesuai prosedur. Dimulai dari tingkat bawah dan melaui musrenbang yang digagas di tingkat nagari.

Kehadiran gubernur pada kesempatan itu dapat sambutan meriah dari warga Kenagarian Tanjung Balik. Irwan datang bersama Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin dan rombongan disambut dengan tari gelombang yang disuguhkan oleh penari Sanggar Carano, Nagari Tanjung Balik, binaan Andri Anita S.Ag dan Ika Wardiyati, S.Pd.

Tidak sampai disitu saja selama acara berlangsung gubernur dan rombongan disuguhkan dengan tarian massal yang disajikan dalam bentuk kolosal yang memukau. Seperti tari marawa, tari dulang, tari nyiru, tari selendang, tari piring yang juga dilakukan dengan menari di atas pecahan kaca.

Pada kesempatan itu, selain dihadiri Ketua Umum DPP Kwartab (priode 2016 -2019), Prof.Dr.Ir..H.Nafryzal Carlo, juga terlihat hadir Camat X Koto Diatas, Teta Midra, kepala SKPD pemerintah daerah Kabupaten Solok, unsur Forkopincam X Koto Diatas, Wali Nagari Tanjung Balik, Zulhidin serta para tokoh dan masyarakat baik yang ada dikampung maupun yang datang dari perantauan serta lainnya.

Nafryzal Carlo pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran gubernur  Sumbar dan wakil bupati Tanjung Balik. Selanjutnya memaparkan tentang kilas balik organisasi Kwartab yang digagas 29 tahun silam.


Serah terma jabatan Ketua Umum Kwartab periode 2016-2019, Nafryzal Carlo ke ketua umum yang baru
terpilih untuk periode 2019-2022, Syamsul Bahri.

Organisasi Kwartab berdiri 1991 disponsori tokoh perantauan dengan tujuan menjalin hubungan silaturrahim atau kerukunan di  antara warga yang berada di perantauan dengan yang tinggal di kampung halaman sekaligus membangun kampung halaman. 

Pada kesempatan itu, agenda penting yang dibahas, pengesahan laporan pertanggung jawaban Ketua Umum DPP Kwartab Priode 2016 - 2019,  penyusunan program kerja 2019- 2022 dan pemilihan ketua baru priode 2019 -2022 dan terpilih H. Syamsul Bahri, S.Pd.MM mengantikan Prof.Dr.Ir..H.Nafryzal Carlo.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Kwartab yang baru, Syamsul Bahri pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Tanjung Balik, baik di kampung maupun di perantauan yang telah mempercayainya memimpin organisasi tersebut. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Tanjung Balik yang telah mempercayai saya menjadi ketua umum DPP Kwartab ini. Saya berharap dukungan semua pihak, sebab tanpa dukungannya organisasi ini tidak bakal berjalan maksimal," ujarnya.

Sebelumnya ketua panitia, Tarmizi, S.Ag menyampaikan, kegiatan lebih dititik beratkan dalam upaya memupuk silaturrahim atau  persaudaraan. Pada acara itu juga diadakan berbagai kegiatan.

Lomba kesenian anak nagari, permainan tradisional, tabligh akbar, pembekalan adat Minangkabau bagi ninik mamak dan anak kemenakan.Lomba cerdas cermat bernuansa adat dan agama, senam kreasi, olahraga dan lainnya.(def)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *