Angin Kencang Porak-porandakan Kota Payakumbuh, Tidak ada Korban Jiwa

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Angin Kencang Porak-porandakan Kota Payakumbuh, Tidak ada Korban Jiwa

Selasa, 30 Juli 2019
Seorang warga membersihkan seng yang roboh karena angin kencang yang melanda sejumlah titik di Payakunbuh, Minggu (28/7). (ble)

Payakumbuh, fajarsumbar.com Angin kencang melanda Kota Payakumbuh Minggu (28/7) kemarin sebelum Magrib. Ada 12 titik yang terdata BPBD Payakumbuh terdampak angin kencang itu. Dari titik yang terdampak itu, tidak ada korban jiwa dan total kerugian belum dapat didata.
Kepala BPBD Payakumbuh Yufnani Away, melalui Kabid Bencana Atrimon, kepada pewarta, Senin (29/7), mengatakan, dari data yang diperoleh di lapangan ada beberapa titik yang agak parah. Diantaranya Mahad Islami dan MAN 2 Payakumbuh.
“Kubah Masjid Al Furqan Mahad Islami, yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Padangtongah Balainanduo, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, terlepas dan terbang akibat diterjang angin kencang disertai hujan deras yang terjadi,” ujarnya sebagaimana dikutip topsatu.com.
Sedangkan dua ruang kelas di MAN 2 Payakumbuh, Sumbar, juga rusak akibat ditimpa pohon durian yang tumbang, pada lokasi yang berbeda.
“Pohon itu tumbang saat angin kencang dan hujan deras melanda Kota Payakumbuh sekitara pukul 15.30 WIB kemarin. Dari dua kelas yang rusak, satu kelas yaitu XII MIA 1 yang mengalami kerusakan parah. Material pohon durian, mulai dari Batang, dahan dan dedaunan menghancurkan salah satu dari enam deretan kelas di pekarangan sekolah. Sedangkan satu kelas lagi, hanya mengalami atap yang bocor kena dahan pohon yang menimpa kelas tersebut,” tambahnya.
Sementara untuk lokasi lainnya, tidak begitu parah. Hanya pohon pelindung jalan yang tumbang. “Untuk pohon yang tumbang, dan menghalangi jalan utama, semua sudah bisa dibersihkan doleh petugas BPBD. Dan saat ini tidak ada kendali lagi,” pungkasnya. (ble)