Asdep Kemenpan RB Tinjau Kesiapan Lounching Mal Pelayanan Publik di Payakumbuh

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Asdep Kemenpan RB Tinjau Kesiapan Lounching Mal Pelayanan Publik di Payakumbuh

Rabu, 31 Juli 2019
Gedung mall pelayanan publik di Payakumbuh

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Pantau kesiapan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam mengoperasionalkan Mall Pelayanan Publik (MPP), Asisten Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Noviana Andrina, SH, M.AP mengunjungi Balaikota Payakumbuh, Rabu (31/7). Asdep KemenpanRB tersebut disambut Wakil Walikota Erwin Yunaz didampingi Sekda Rida Ananda dan Kadis DPM-PTSP Hermayunis. 

"Kami ingin melihat kesiapan Mal Pelayanan Publik Payakumbuh sebelum nanti dilounching. Kita ingin berkolaborasi menata dan membenahi pelayanan yang akan diberikan di MPP nantinya," ujar Novi sapaan akrab Noviana Andrina saat diwawancarai Humas diruang kerja Sekdako. 

Dikatakan, dari pantauan langsung ke lokasi MPP yang terletak di lantai 1 Balaikota Payakumbuh, Novi melihat proses pembangunan sudah cukup baik, hanya ada beberapa sarana prasarana penunjang yang mesti dilengkapi. 

"Sebenarnya sih semua sudah ada, tinggal meningkatkan dari sisi yang belum sepenuhnya ada dan selesai dikerjakan, contohnya toilet untuk difabel, maklumat pelayanan, peralatan IT belum terpasang, mobiler serta penempatan posisi konter layanan yang perlu dibenahi lagi," ujar Novi. 

Dijelaskan Novi, MPP diadakan untuk  memberikan pelayan cepat, mudah dan nyaman kepada masyarakat. Saat ini baru 15 MPP yang diresmikan di Indonesia dan ada 27 Pemda yang sudah tanda tangan komitmen mendirikan MPP tahun ini, termasuk Kota Payakumbuh. 

"MPP ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena layanan sudah mudah, berada dalam satu tempat dan mereka bisa menerima layanan tidak hanya satu tapi banyak," timpal Novi.

Sementara Kadis DPM-PTSP Hermayunis mengatakan saat ini pihaknya hendak masuk ke tahap pengisian sarana prasarana MPP setelah tahap bangunan fisik selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu.  

"Untuk kegiatan fisik sudah di PHO kan (serah terima,red). Kita sedang dalam tahap memasukkan mobiler untuk kelengkapan saran prasarana, karena seluruh peralatan pelayanan tersebut kita yang sediakan," terang Inyiak sapaan akrab Hermayunis. 

Dikatakan, rencananya pada akhir bulan Agustus akan dilakukan ujicoba pengoperasionalan MPP dan pada pertengahan September akan dilakukan Soft Lounching oleh Deputi KemenpanRB. 

"InsyaAllah Soft Lounching akan diadakan pada pertengahan September dan Grand Lounching diadakan bertepatan dengan HUT Kota Payakumbuh, 17 Desember mendatang, langsung oleh Menteri PanRB," terang Inyiak.  

MPP Kota Payakumbuh nanti akan menampung 13 perangkat daerah plus 14 instansi vertikal yang akan memberikan layanan publik. Instansi vertikal itu antara lain imigrasi, Samsat, kepolisian, BNN, Balai POM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dll. 

"Kita sangat bersyukur dengan tingginya minat instansi vertikal membuka konter di MPP. Ini sangat membantu masyarakat kita. Contohnya imigrasi, mereka siap memberi layanan membuat pasport baru. Ini tidak hanya akan dinikmati masyarakat Payakumbuh saja, tapi juga daerah tetangga seperti Limapuluh Kota,  Batusangkar, dan lain lain," pungkas Inyiak. (ah)