Bakal Calon Walinagari Demo Bupati Sijunjung

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Bakal Calon Walinagari Demo Bupati Sijunjung

Selasa, 30 Juli 2019
Bacalon walinagari demo di kantor bupati Sijunjung.

Sijunjung fajarsumbar.com - Sedikitnya 30 orang dari berbagai nagari di Kabupaten Sijunjung mendatangi kantor bupati Sijunjung, Selasa (30/7) untuk menyampaikan aspirasi mereka, terkait gagalnya para calon wali Nagari ini yang akan maju pada tahun 2019 ini.

Kedatangan para calon wali nagari ini , yang tidak lolos pada tes seleksi yang diadakan oleh pihak penyelenggara/ pemerintah Kabupaten Sijunjung, diterima Sekda Zefnihan Asisten 1 kepala Dinas DPMN, kepala Kesbang pol dan dll.

Dalam aspirasinya yang disampaikan Yusril selaku Koordinator mengatakan ke fajarsumbar.com terkait hasil yang disampaikan pihak Pengkab Sijunjung setelah melakukan tatap mungka dalam hal ini sekda, menyatakan tidak puas dan akan melanjutkan ke DPRD Kabupaten Sijunjung untuk bertemu dengan Bupati Yuswir Arifin.

Menurut Yusril, pihak penyelenggara Pilwana tidak transparan dalam penyelenggaraannya yang diduga ada semacam kecurangan.

Dan dia berharap penyelenggaraan Pilwana cukup di nagari masing masing, jelasnya Yusril dari Nagari Sisawah

Sementara itu Sekda zefnihan, mengatakan 40 Nagari yang akan maju pada tahun 2019. Dibuat lah aturan dengan sedemian rupa, supaya berjalan aman dan lancar Dengan pilwana ini bisa berkualitas

Dengan banyak nya  jumblah peserta sampai 19 orang dalam satu Nagari untuk itu. dilakukan kompetensi, sampai 5 orang yang akan maju di Nagari masing masing dari 19 tersebut.

Hal ini disampaikan sekda Zefnihan  dalam pertemuan tatap mungka dimaksut, terkait dengan tidak diumumkan hasil tes akan menjadi tidak baik bagi para calon yang ada di Nagari oleh anak kemenakan di Nagari dalam hal ini untuk menjaga marwah para calon wali Nagari bagi yang tidak lolos untuk maju di calon Wali  Nagari, jelas Zefnihan.

Dikatakannya, terkait dengan persoalan seperti yang di sampaikan, adanya yang di duga kecurangan  dan ada buktinya kami siap untuk dituntup, jelasnya.

Dalam penyampaian orasi berjalan aman dan lancar. untuk pengamanan  Polres Sijunjung  hanya menerjunkan personil 30 orang.

Kapolres Sijunjung melalui Kabag Ops Kompol Sirufinus, ketika dikonfirmasi fajarsumbar.com mengatakan hanya menurunkan 30 personel untuk berjaga-jaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (def)