Bios 44 Dapat Tingkatkan Hasil Produksi Gabah

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Bios 44 Dapat Tingkatkan Hasil Produksi Gabah

Selasa, 30 Juli 2019
Kelompok tani Aro Kandikir

Bukittinggi, fajarsumbar.com -  Kodim 0304 Agam berhasil melakukan eksperimen bios 44  untuk meningkatkan produksi gabah dan ternak ikan.


  1. Eksperimen itu diterapkan beberapa kelompok tani di Agam. Seperti Kelompok Tani Aro Kandikir. Menurut ketua Neldayernis kepada fajarsumbar. com, Aro Kandikir, Selasa (30/7), menyebutkan kerjasama dengan Kodim untuk eksperimen Bios 44 semacam pupuk hasil temuan dari TNI AD yang diberi nama Bios 44.


Dalam hal ini Kodim bukan saja memberikan Bios 44, namun turun ke lapangan menunjukan  cara pemakaiannya.

Dari satu Ha lahan yang disediakan, 3/4 benih padi ini menggunakan Bios 44, sementara 1/4 Ha tidak diberi sebagai pembanding dari hasil panen.

Setelah labih kurang tiga bulan, pada hari ini kami Kelompok tani Aro Kandikir melakukan panen bersama.

Ternyata hasilnya sangat signifikan, perbadaannya kalau selama ini dengan luas yang sama menghasilkan meningjat sampai 40 persen.

Eksperimen ini dilakukan bukan hanya pada padi saja, tapi juga diuji coba pada hewan. Selama ini ikan nila, emas,  panennya empet bulan sekali, setelah diberi Bios 44, dapat dipanen  saat berumur 2,5 bulan, disamping hasilnya meningkat panennya juga lebi cepat.

Lebih lanjut kata Ponen, untuk musim panen yang akan datang, semua persawahan khusisnya di Aro Kandikir akan memakai Bios 44.

Dalam hal ini masyarakat petani Aro Kandilir Gadut Kab Agam, mengucapkan
terima kasih kepada TNI yang telah memberikan bimbingan dan Bios 44 meningkatkan hasil panen dan sekaligus telah meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. Katanya. (gus)