DPRD Setujui Laporan Pertanggungjawaban Walikota Padang Panjang TA 2018

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


DPRD Setujui Laporan Pertanggungjawaban Walikota Padang Panjang TA 2018

Jumat, 12 Juli 2019
Walikota Padang Panjang Fadly Amran saat menyampaikan laporan

PADANG PANJANG - Setelah dilakukan pembahasan secara bersama, akhirnya DPRD Padang Panjang menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Walikota tahun Anggaran 2018, 5 (Lima) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Padang Panjang Tahun 2019

Ketua DPRD Novi Hendri, mengatakan pembahasan pertanggungjawaban Walikota Padang Panjang Tahun Anggaran 2018 dan 5 Ranperda Tahun 2019 dilakukan sesuai dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

Dijelaskan Novi Hendri, perundang-undangan dan peraturan mengamanatkan bahwa pertanggungjawaban dan Ranperda sebelum ditetapkan diperlukan pemandangan umum dari fraksi- fraksi dan dibahas bersama oleh Panitia Khusus (Pansus).




"Meski dalam pembahasan pertanggungjawaban dan Ranperda tersebut terdapat dinamika - dinamika, namun tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat dan kejayaan Padang Panjang, " ujar Novi Hendri Dt Bagindo Saidi,di Ruangan Rapat DPRD setempat, Senin (8/7/2019).


Rapat Paripurna dihadiri oleh Walikota Fadly Amran, Wakil Ketua DPRD Erizal dan Yulius Kaisar,Anggota DPRD, Sekdako Sonny Budaya Putera, Kapolres Cepi Noval, Dandim 03/07 S.Harahap, Forkompimda, OPD ,Sekwan Zulkifli dan undangan lainya.


Pada Rapat Paripurna itu 5 Fraksi DPRD Padang Panjang menerima dan menyetujui laporan pertanggungjawaban Walikota Padang Panjang Tahun Anggaran 2018 dan 5 Ranperda Tahun 2019 untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).




Sebelum ditetapkan dan disetujui Pansus DPRD membacakan laporan pembahasan dan persetujuan dari Panitia Khusus ( Pansus ) yang dibacakan oleh Ketua Pansus Ranperda Desfa Remindo dan Suardi tentang hasil dari pembahasan Fraksi Golkar, fraksi Gerindra PKS, fraksi PAN, fraksi PPP - Nasdem, fraksi Bintang Demokrat.


Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan  DPRD Kota Padang Panjang dalam rangka Pembahasan terhadap 6 (enam) buah Rancangan Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Tahun 2019 ini kata Desfa Remindo disusun dengan maksud untuk memberikan gambaran kepada Pimpinan Dewan tentang capaian kinerja keuangan dan pelaksanaan APBD Kota Padang Panjang Tahun Anggaran 2018.


"Tujuanya agar dapat dipahami bersama atas keberhasilan dan kekurangannya yang akan dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pembangunan oleh Walikota dan segenap jajarannya pada masa yang akan datang,"ujar Desfa Remindo.




Disamping itu terhadap 5 (lima) buah Rancangan Peraturan Daerah yang disampaikan adalah merupakan target dari Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2019 yang telah disepakati bersama untuk ditindak lanjuti.


Adapun ke 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah tersebut adalah, Perubahan atas Perda No. 17 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Pelayanan Pemerintahan Secara Elektronik.


Kemudian Ranperda Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal, Perubahan atas Perda No. 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup




"Seluruh fraksi - fraksi DPRD Padang Panjang menerima laporan pertanggungjawaban walikota tahun anggaran 2018 dan menyetujui 5 Ranperda, namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan Pemerintah Daerah Padang Panjang," ujar Desfa Remindo.


Dalam sambutannya, Walikota Fadly Amran sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Padang Panjang yang telah bekerja keras untuk membahas hingga menyetujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tersebut.


“Saya sangata mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota dewan yang terhormat, khusunya tim Banggar atas persetujuan yang diberikan dan telah bekerja dengan baik selama ini,” ujar Fadly Amran


Sementara, menanggapi saran, pendapat maupun masukan yang telah disampaikan, khususnya yang berkaitan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat, Walikota muda penuh energik itu menyatakan akan menyikapinya sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan guna keberhasilan pelaksanaan tugas ke depan.

“Berbagai masukan, saran, dan juga kritik yang telah disampaikan akan menjadi perbaikan guna tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, efisien, efektif, tepat sasaran dan tepat waktu, demi kejayaan Padang Panjang yang lebih baik lagi,” katanya.(*/adek)