Kapolda Jamin Sumbar Aman

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Kapolda Jamin Sumbar Aman

Kamis, 25 Juli 2019
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal memberikan keterangan kepada wartawan tentang situasi daerah ini pasca penangkapan terduga teroris bernama Novendri.

Padang, fajarsumbar.com Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal menjamin situasi dan kondisi di daerah ini aman dan kondusif, pasca ditangkapnya terduga teroris di Padang oleh Tim Densus 88 Mabes Polri, beberapa hari lalu. 

Adanya pemberitaan yang mengatakan Sumbar akan dibom di delapan titik, masyarakat Sumbar tidak usah cemas dan resah, karena Kapolda menjamin keamanan daerah ini.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat Sumbar, dengan adanya pemberitaan itu tidak usah resah. Saya (Kapolda) menjamin, situasi Sumbar aman dan kondusif, "ujar Kapolda kepada wartawan, Rabu (24/7).

Kapolda juga mengaku kaget melihat pemberitaan dan siaran televisi yang mengatakan Novendri akan melakukan pengeboman di delapan titik markas polisi.

Diceritakan Kapolda, setelah penangkapan berlangsung, ia langsung menanyakan pada Direktur Intel dan Direktur Reskrimum, tentang proses penangkapan yang dilakukan Tim Densus 88. Berdasarkan laporan Intel dan Reskrim, waktu penangkapan tidak ditemukan bahan peledak, bom serta senjata api.

"Setelah penangkapan saya juga tanya Dir Intel dan Dir Reskrimum,  bagaimana proses penangkapannya, situasi dan barang bukti (BB) yang disita. Berdasarkan laporan, tidak ada bom ditemukan, tidak ada senjata api, "ujar Kapolda.

Jadi tentang berita yang mengatakan Novendri akan mengebom di delapan titik, kapolda juga jadi kaget. "Berita yang mengatakan akan mengebom delapan titik, tanyakan saja pada Densus 88 ya,"kata kapolda.

Dikatakan, pasca pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpes), situasi Sumbar kondusif, sangat tenang dan tidak terjadi apa-apa. "Saya mengimbau seluruh masyarakat dengan adanya pemberitaan itu, tidak usah resah, kapolda menjamin, situasi Sumbar aman dan kondusif, "ujar jenderal bintang dua itu.

Kapolda juga menceritakan, sampai saat ini tidak ada laporan dari Dir Intel dan Dir Reskrimum akan ada pengeboman. "Ini kan pemeriksaan densus, silakan tanyakan lagsung pada Densus 88,"ulang kapolda.

Selain itu, Kapolda juga sudah berkoordinasi dengan segenap anggota di lapangan dan tidak ada ditemukan bahan peledak, bom, senjata api dan sebagainya.

"Tidak ada bom. Saya harap masyarakat tenang. Sumbar ini kondusif. Saya jamin. Saya juga putra daerah Sumbar, tidak mungkin urang Sumbar akan mengebom daerahnya sendiri, "kata Kapolda.

Seperti diberitakan sebelumnya, terduga teroris diamankan Densus 88 pada Kamis (18/7) sekitar pukul 22.00 WIB di kawasan Perintis Kemerdekaaan. Densus juga menggeledah rumah terduga teroris itu pada Jumat (19/7) hingga sorenya di Kelurahan Berok Nipah, Padang. (gp)