Menpora Tinjau Venue PON 2020 di Timika, Ini Pesan Imam Nahrawi

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Menpora Tinjau Venue PON 2020 di Timika, Ini Pesan Imam Nahrawi

Rabu, 24 Juli 2019
Menpora Imam Nahrawi meninjau venue PON 2020 di TImika (dct)

Timika, fajarsumbar.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, meninjau sarana dan prasarana PON 2020 di Papua. Kali ini giliran Timika yang dikunjungi Imam.

Sebelum meninjau venue olah raga di Mimika, Menpora menyempatkan diri untuk menghadiri pegelaran tari Seka yang dilakukan oleh 150 siswa-siswi tingkat SMP se-kabupaten Mimika, yang rencana akan ditampilkan di pembukaan PON 2020.

Pagelaran tari ini dilaksanakan oleh asisten deputi peningkatan kreativitas pemuda - deputi bidang pemberdayaan pemuda bersama pemerintah Kabupaten Mimika menggelar kegiatan kreativitas dan budaya Timika 2019 di lapangan eks pasar lama Timika.

Pertunjukan tari bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan mendorong kearifan lokal, terutama tarian seka di masyarakat agar tidak tergerus zaman. Selain itu untuk membudayakan kebiasaan berolahraga di masyarakat yang diharapkan akan lahirnya para pelajar dan pemuda yang berprestasi bidang olahraga.

Dikutip detiksport, usai menyaksikan tari seka, Imam melanjutkan kunjungan ke beberapa venue olahraga untuk mengecek sarana dan prasarana penunjang PON 2020 seperti venue basket, atletik, futsal, dan rumah susun untuk atlet.

Imam meninjau ke Mimika lantaran daerah itu dilaporkan sebagai Kabupaten yang paling siap menghadapi PON. Imam menyebut koordinasi akan dilakukan dengan beberapa pihak untuk memantapkan pelaksanaan PON, khususnya Timika karena masih ada venue yang belum terbangun seperti panjat tebing.

Ia mengatakan peninjauan sarana dan prasarana ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo dan akan melaporkan kepada orang nomor satu di negara ini terkait hasil peninjauan kesiapan sarana dan prasarana PON di Papua.

"Ini perintah Presiden, nanti saya laporkan ke bapak Presiden, apa yang sudah di tinjau," tutur Imam.(*)