Pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar Dikukuhkan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Pengurus PWI Kabupaten Tanah Datar Dikukuhkan

Rabu, 10 Juli 2019

Tanah Datar, Fajarsumbar.com-Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Datar masa bhakti 2019-2022 dikukuhkan oleh Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat Heranof Firdaus di Gedung Dharma Wanita Indo Jolito, Selasa (9/7/2019).

Acara ini turut dihadiri Forkompinda, Kepala OPD, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, GM Hotel Emersia dan tamu undangan lainnya. Terlihat hadir dari jajaran Pengurus PWI Provinsi Eko Yance, Guspen Khairul, Ismet Fanany, N. Nofi Satra dan lainnya serta Ketua Dewan Kehormatan Basril Basyar.

Bupati Irdinansyah dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru. “Selamat menjalankan tugas, mudah-mudahan amanah dan sukses, dan kepada pengurus lama kami juga ucapkan terima kasih,” sampai bupati.

Bupati katakan pers merupakan pilar pembangunan. “Selama ini kita mengenal ada tiga pilar pembangunan yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif, namun saya pernah membaca bahwa ada yang menuliskan bahwa pers adalah pilar keempat pembangunan,” jelas bupati.

Dikatakan pengaruh pers bahkan lebih kuat dibanding legislatif saat menjalankan fungsi kontrol sosialnya.“Namun kami di sini meletakkan para rekan-rekan pers sebagai mitra dalam mendukung pembangunan di Tanah Datar. Hal ini karena pemerintah membutuhkan masukan yang bersifat membangun dan masyakat juga butuh informasi, informasi yang berimbang. Karena keseimbangan sebuah informasi atau berita sangat kita butuhkan dalam rangka mencerdaskan masyarakat, tambah Irdinansyah.

Senada dengan itu, ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mendorong wartawan meningkatkan kualitas dan profesionalismenya. “Kita akan dorong pemerintah daerah bisa menfasilitasi kegiatan peningkatan kualitas SDM wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), karena UKW akan membedakan perilaku wartawan. Kalau wartawan UKW tentu cara kerjanya sudah benar-benar kompeten dibandingkan yang belum apalagi dengan wartawan tanpa surat kabar, ujarnya.

Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat Heranof Firdaus dalam sambutannya juga mengajak wartawan bekerja secara profesional. “jadilah wartawan yang bekerja dengan pikiran sendiri, tidak hanya mengandalkan pikiran humas,” himbaunya

Di kesempatan itu Heranof juga mengajak wartawan Tanah Datar untuk bergabung dengan organisasi PWI. “Baru 15 persen wartawan yang ada di Tanah Datar menjadi anggota PWI, untuk itu kami dengan tangan terbuka menerima bapak dan ibu rekan wartawan, syarat pertamanya adalah sudah lulus UKW,” urainya.

Pengurus yang dilantik ketua Mustafa Akmal, Sekretaris Chandra Antoni, Bendahara Irfan Taufik dan beberapa seksi serta Dewan Kehormatan H. Bachtiar Danau, Yusnaldi dan H. Azwarman Rivai.(adek)