Penyandang Disabilitas Ambil Bagian pada Memperingati Hari Lansia

Iklan Semua Halaman


Olahraga

Penyandang Disabilitas Ambil Bagian pada Memperingati Hari Lansia

Rabu, 10 Juli 2019

Dharmasraya fajarsumbar.com - Sejumlah anak pelajar penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pulau Punjung turut ambil bagian dalam menampilkan berbagai hiburan dihadapan para kaum tua dalam puncak acara memperingati hari Lansia ke 23 tahun, tingkat Provinsi Sumatera Barat digelar  digedung Auditorium Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Selasa (9/7). 

Disaksikan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Wabup H Amrizal Dt Rajo Medan, Prof. Puti Reno Raudha Thaib, sebagai keynote speaker. Forkopimda, pejabat pengelola sosial se-Sumatera Barat, serta  pejabat teras pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemkab Dharmasraya, para kaum lansia juga ikut ambil bagian, bahkan tampil lebih memukau. Berbagai kesenian diperagakan, membuat para pengunjung yang hadir saat itu, tidak hentinya tertawa.

Saat memperingati hari lansia itu, Pemkab Dharmasraya melalui Dinas Sosial P3APPKB memanfaatkan momen dalam rangka menyerahkan bantuan sosial kepada 3000 lansia se-Dharmasraya, serta melaksanakan launching sejumlah program pro lansia. Masing-masing Lansia mendapatkan uang bantuan senilai Rp 1 juta/orang. 

"Bantuan sosial lansia ini, merupakan program yang digagas Bupati Sutan Riska bersama Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan lansia di Kabupaten Dharmasraya," sebut Kepala Dinas Sosial P3APPKB Boby Perdana Riza, SSTP., M.Si 

Ia menambahkan, bantuan ditujukan untuk lansia kurang mampu ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi, beban kesehatan serta beban sosial yang mereka tanggung.

Sementara itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sambutannya menyebutkan, bahwa  program bantuan sosial untuk lansia akan dilaksanakan secara berkelanjutan.Tahun ini, telah dianggarkan dalam APBD senilai Rp 3 milyar Tahun 2019. Kedepan juga akan tetap kita anggarkan lagi, dengan sasaran kebijakan yang tepat untuk kesejahteraan lansia terangkat sesuai harapan. 


Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, telah menunjuk Kabupaten Dharmasraya sebagai tuan rumah peringatan Hari Ulang Tahun Lansia tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tentu, sebuah kebanggaan bagi daerah. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Abdul Ghafar, berikan apresiasi kepada  Pemerintah Dharmasraya yang tekah memberikan perhatian kusus bagi para lansia. Sehingga program ini, hendaknya menjadi contoh bagi daerah lain.

Saat itu juga, Bupati juga menyerahkan bantuan sosial biaya pemakaman bagi 144 orang Lansia, dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan home care untuk 20 Lansia. Bantuan alat bantu untuk 26 Lansia, berupa alat pendengar, kursi roda dan alat lain sesuai kebutuhan. 

Selanjutnya Sutan Riska juga lounching unit pelayanan sosial keliling untuk penyandang disabilitas. (Syaiful Hanif)