Rute Gowes Nusantara 2019 di Payakumbuh Berubah

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Rute Gowes Nusantara 2019 di Payakumbuh Berubah

Rabu, 24 Juli 2019

Payakumbuh, fajarsumbar.com -  Rute pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 yang bakal digelar di Kota Payakumbuh, Minggu (28/7) berubah. Hal ini disampaikan panitia dalam rapat persiapan terakhir digelar di Lantai 2 Aula Pertemuan Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, Rabu (24/7/2019).

Dalam rapat itu hadir Asisten 1 Setdako Yoherman, Kadis Parpora Elfriza Zaharman, Kadis Kominfo Jhon Kenedi, Kasatpol PP dan Damkar Devitra, Kapolres diwakili Kabag Ops. Basrial, Dandim diwakili Danramil Kapten Czi Joni Forta, Kepala OPD, dan staf jajaran dinas Pemko Payakumbuh lainnya.

Rute itu menjadi 19 Km, dimana garis start yang awalnya di Jembatan Ratapan Ibu, dialihkan ke Medan Nan Bapaneh, dan rute dari Tagu Adipura ke Kaniang bukik, diarahkan terlebih dahulu melalui Labuah Basilang dan Gelanggang Kubu Gadang.

"Rutenya (Start) Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah - Tugu Adipura - Labuah Basilang - Gelanggang Kubu Gadang (Checkpoint), Simpang Benteng - Simpang Kaniang Bukik - Simpang Napar - Simpang Bunian - Simpang Kasda - Ngalau Indah (Finish).

Cece berharap partisipasi aktif masyarakat dalam iven nasional yang pertamakali diadakan di Payakumbuh ini. Sebelumnya, direncanakan digelar pada 11 agustus 2019, namun karena berbenturan dengan hari raya Idul Adha, maka Gowes Nusantara 2019 diadakan pada hari Minggu, 28 Juli 2019.

"Akan ada 10 pos dalam pembagian baju, kita akan pastikan 1000 peserta pertama di bagikan baju pada pagi hari Minggu pukul 06.00 Wib di pos yang ada Medan Nan Bapaneh," kata Cece, panggilan akrab Kadisparpora.

"Kita juga menyediakan hadiah utama 1 unit sepeda motor Honda, selain itu ada TV, Kulkas, dan hadiah menarik lainnya, insyaallah hadiah hanya untuk peserta, karena panitia tidak diberi kupon," kata Cece menambahkan.

Kapolres melalui Kabag Ops menyebut, daya tampung garis start yang direncanakan dirapat awal beberapa hari lalu ditetapkan di Jembatan Ratapan Ibu, namun hal itu akan mengakibatkan sulitnya rekayasa lalu lintas dan lahan parkir juga sempit, selain itu disana adalah wilayah pasar, masyarakat yang beraktifitas ramai disana, sehingga akan membuat macet di pusat kota.

"Kita akan cek rutenya setelah rapat, mana tau ada yang bakal menggelar pesta pernikahan dengan memakan badan jalan di rute, kita harus koordinasikan hal ini mengingat Gowes digelar hari minggu," kata Basrial.

"Silahkan jalankan rute yang sekarang lebih baik, kami dari kepolisian siap mengamankan arus lalu lintas," kata Basrial menambahkan.

Selain itu khusus untuk layanan kesehatan, akan ada BPJS serta ambulance dari dinas kesehatan yang akan memberikan layanan cek kesehatan gratis bagi masyarakat.

Juga bagi peserta usia anak-anak diberikan kemudahan dengan untuk boleh berhenti di simpang benteng, tidak sampai finish, nanti akan dibuatkan ruang keluar bagi peserta pelajar. Ada batas umur bagi pelajar SD.(ah)