Sawahlunto Siap Gelar SISSCa 2019, Begini Persiapannya

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Sawahlunto Siap Gelar SISSCa 2019, Begini Persiapannya

Selasa, 09 Juli 2019
Peserta SISSCa dari Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman  tahun lalu pada saat karnaval digelar.

Sawahlunto, Fajarsumbar.com - Sawahlunto International Songket Silungkang Canival (SISSCa) 2019 siap digelar. Festival Songket Silungkang yang sudah memasuki tahun ke empat ini akan memberikan warna yang berbeda dengan pagelaran sebelumnya.

Berbagai upaya untuk memeriahkan karnaval songket ini pun telah dilakukan. Mengusung pemakaian nama international dalam kegiatan ini, Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto akan menghadirkan peserta karnaval dari luar negeri.

Disamping itu, upaya menjalin kerjasama guna menyukseskan acara pun telah dilakukan. Kepala Dinas KPBP Kota Sawahlunto, Halomoan SH mengatakan saat ini sudah melakukan beberapa kerjasama untuk kesuksesan acara nantinya.

"Kita mencoba memberi warna yang berbeda dengan pagelaran sebelumnya. Kerjasama dengan berbagai pihak guna kesuksesan acara terus dilakukan. Sedikitnya kita telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggu, Indo Jalito Peduli maupun Persatuan Keluarga Silungkang", kata Halomoan.

Lebih jauh Halomoan mengatakan, unsur penting dalam karnaval songket tetap menjadi perhatian utama yaitu Songket Silungkang itu sendiri. "Kita mau Songket Silungkang ini benar benar dikenal secara nasional maupun international. Kita akan menghadirkan orang asing untuk berbusana Songket Silungkang pada acara karnaval nanti", tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan DKPBP Sawahlunto, Sarlina Putri, SE, M. Par mengatakan keterlibatan orang asing dalam karnaval akan memberi nilai penting. "Dari nama karnaval saja sudah ada kalimat Internasional, jadi bagaimanapun kita akan menghadirkan orang asing dalam karnaval nantinya" kata Sarlina.

Disamping itu ditambahkan Sarlina, Sawahlunto sudah saatnya menggelar even-even bertaraf internasional ditambah lagi dengan ditetapkannya Kota Sawahlunto sebagai warisan dunia. Adapun pelaksanaan SISSCa 2019 akan dilangsungkan pada 6 - 8 September mendatang. (Adrial)