Sispala SMA 1 Linggo Sari Baganti Tanam 1.000 Cemara di Muara Kandis

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Sispala SMA 1 Linggo Sari Baganti Tanam 1.000 Cemara di Muara Kandis

Rabu, 31 Juli 2019
Camat Linggo Sari Baganti bersama Danramil Peltu. S. Harahap disaksikan masyarakat sekitar melakukan penanaman cemara di pantai Muara Kandis yang digagas Sispala SMA 1 Linggo Sari Baganti.

Pessel, FajarSumbar.com - Camat Linggo Sari Baganti, Ahmad Hidayat mengapresiasi penanaman 1.000 cemara yang dilakukan Sispala SMA 1 Linggo Sari Baganti di Pantai Muara Kandis.

Menurutnya, penanaman itu sarat dengan nilai-nilai positif. Tak hanya bagi kawasan pantai, namun yang lebih penting adanya tanggungjawab generasi mudah terhadap lingkungan.

Apalagi, Muara Kandis rawan abrasi pantai. "Merupakan bukti nyata kepedulian generasi muda di sini terhadap lingkungan," ungkap camat di sela-sela penanaman akhir pekan lalu.

Selain camat, penanaman dihadiri Komandan Rayon Militer (Danramil), Lettu. S. Harahap. Walinagari Muara Kandis, Elkamsi dan Laskar Anak Nagari (LAN).

Danramil Peltu. S. Harahap mengatakan, penanaman itu adalah yang keduakalinya di Muara Kandis. Sebelumnya, penanaman dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pohon cemara berguna sebagai antisipasi tsunami. Apalagi Muara Kandis berada di pinggiran pantai, sehingga sangat rentan terhadap gelombang.

Selain itu, berdampak positif pada kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Rindangnya pohon cemara bisa dijadikan sebagai objek wisata.

"Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga menanam cemara di sini," ujarnya.

Sementara,Walinagari Muara Kandis, Elkamsi mengatakan pemerintah nagari siap bekerjasama dengan siswa pecinta alam terkait penghijauan di kenagariannya.

Mereka berharap, masyarakat dapat menjaga cemara yang telah ditanam. Mulai penyiraman hingga pengawasannya. "Jangan disia-siakan. Semoga bisa sesuai harapkan," tutup camat. (tsf)