Wabup Zuldafri Darma Buka MTQ Nasional Ke- 3 Kecamatan Salimpaung

Iklan Semua Halaman


Olahraga

Wabup Zuldafri Darma Buka MTQ Nasional Ke- 3 Kecamatan Salimpaung

Sabtu, 13 Juli 2019

Tanah Datar, fajarsumbar.com-Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-3 Tingkat Kecamatan Salimpaung yang dipusatkan di Lapangan Hijau Tembok Bagaluang nagari Sumanik Jum’at (12/07) dan berlangsung semarak.

Ribuan masyarakat turut hadir menyaksikan prosesi pembukaan yang diawali dengan pawai ta’aruf dimeriahkan penampilan tari masal. Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutan memberikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat Salimpaung khususnya Nagari Sumanik.

“Pembukaan yang meriah, tertata dengan baik dan antusias masyarakat yang menyaksikan, bukti semangat memberikan dukungan untuk kesuksesan acara kegiatan keagamaan,” kata Zuldafri.

Melalui ajang MTQ antar nagari juga memperkokoh jembatan silaturahim antar masyarakat sesama kecamatan Salimpaung. "Dengan dilaksanakan MTQ ke-3 di nagari Sumanik, masyarakat dari 5 nagari lainnya di kecamatan Salimpaung akan berkunjung dan akan secara langsung terjalin silaturahim," harap wabup.

Di kesempatan itu Wabup Zuldafri juga sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras mempersiapkan kafilah Tanah Datar untuk tampil maksimal di ajang MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi di Kota Solok.

“Alhamdulillah, sejarah besar diraih Tanah Datar bisa menjadi juara umum, untuk itu pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada kafilah yang tampil luar bisa serta berbagai pihak di balik kesuksesan ini,” kata wabup.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar yang diwakili Kasi Binmas Helmi Zuldi berharap melalui MTQ merupakan salah satu upaya untuk membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat.

“MTQ juga bertujuan sebagai bahan evaluasi pembelajaran Alquran di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mendorong pendalaman ajaran agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari atau dengan arti kata membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Helmi juga apresiasi Pemerintah Daerah Tanah Datar yang secara rutin melakukan pembinaan di bidang keagamaan khusus untuk penyelenggaraan MTQ selalu dianggarkan dan rutin dilaksanakan. 

“Pihak kabupaten serius mempersiapkan diri dari awal, sehingga momentum MTQ tingkat kecamatan menjadi penting untuk melahirkan kafilah yang benar-benar unggul, sebagai bukti pada ajang MTQ Nasional Sumbar ke 38 di Kota Solok meraih juara umum," ungkapnya.

Ketua Umum Panitia Camat Salimpaung Liza Martini dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terutama masyarakat Sumanik yang mendukung kesuksesan sebagai tuan rumah.

“Untuk kegiatan ini, kita dibantu melalui APB Nagari dan sumbangan anak nagari dan perantau serta bantuan masyarakat luas,” terangnya.

Dilaporkan, MTQ dilaksanakan tanggal 12 s/d 14 Juli 2019 di 3 masjid, 7 mushalla dan 3 sekolah, dengan 11 pemondokan yang tersebar di 5 jorong di Nagari Sumanik dengan peserta 194 orang dari 6 nagari dan memperlombakan 7 cabang yaitu tilawah, tartil, tahfiz qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, khatil qur’an, khutbah Jum’at dengan 36 sub cabang.

Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin, Camat Salimpaung Liza Martini berserta Forkopinca. Turut hadir Walinagari, Ketua BPRN dan Ketua KAN se-Kecamatan Salimpaung, Tokoh Masyarakat setempat. (*/adek)