SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Wabup Zuldafri Darma : Mari Semarakan Syiar Alquran Melalui MTQ Kecamatan


Tanah Datar, fajarsumbar.com-Melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Kecamatan, mari semarakkan syiar Alqur'an di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, saat membuka MTQ Nasional ke-3 tingkat kecamatan Pariangan di lapangan Nagari Sungai Jambu, Sabtu (13/7).

"Antusias masyarakat mendengungkan dan menyemarakkan syiar alquran sangat tinggi di kabupaten Tanah Datar terbukti dengan semaraknya kegiatan MTQ di beberapa kecamatan," kata wabup.

Dengan semaraknya syiar qur’an di tengah-tengah masyarakat merupakan salah satu upaya untuk menjadi benteng bagi generasi penerus supaya tidak terjerumus kepada kegiatan negatif. "melalui kegiatan MTQ yang selalu mendengungkan ayat suci Alqur'an akan meningkatkan kualitas iman umat dan membentengi generasi muda untuk tidak terjerumus perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun keluarga," harap wabup.

Pada kesempatan tersebut wabup Zuldafri juga sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyukseskan MTQ Nasional ke 3 tingkat kecamatan khususnya masyarakat dan perantau nagari Sungai Jambu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kemenag Tanah Datar diwakili Kasi Pembinaan Pondok Pesantren Masnefi, sampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, masyarakat dan perantau.

Masnefi sampaikan, kegiatan MTQ sudah program dari pusat sampai ke desa/nagari, khususnya kabupaten Tanah Datar telah rutin melaksanakan sekali dua tahun.

“Salah satu tujuan dari kegiatan MTQ juga untuk ajang evaluasi proses belajar mengajar di TPA, MDA yang mana sampai saat ini berjumlah 726 lokasi dan sudah terakreditasi,” sampai Manefi yang juga sebagai Ketua Harian LPTQ Tanah Datar.

Pada kegiatan MTQ di masing-masing cabang, LPTQ akan memantau kafilah dari TPA/MDA mana yang tidak ikut dari itu dapat kita evaluasi."Mana TPA yang aktif atau tidak kita akan evaluasi dengan melakukan pembinaan," kata Masnefi.

Untuk pelaksanaan MTQ saat ini sudah menggunakan e-mtq jadi hasilnya murni, dibuktikan anak Tanah Datar berhasil meraih juara umum tingkat propinsi di Kota Solok.

Lebih lanjut, Masnefi sampaikan penyelenggara MTQ tingkat kabupaten akan dilaksanakan di kecamatan Tanjung Emas pada akhir tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Walinagari Sungai Jambu, Elita Darmawan dalam laporannya sampaikan kegiatan MTQ diikuti 6 nagari sekecamatan Pariangan selama dua hari mulai tanggal 13-14 Juli mendatang, dengan jumlah peserta sebanyak 168 kafilah mengikuti 5 cabang lomba yaitu tilawah, tartil, tahfiz, MSQ dan khutbah Jumat.

Turut hadir di kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin, Kadis Parpora Abdul Hakim, Camat Pariangan Abdurrahman Hadi beserta Forkopimca, walinagari se kecamatan Pariangan, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat setempat. (adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *